27/12/21

Anugerah Ibu Teladan II 2021, Apresiasi untuk Para Ibu Teladan Indonesia

 


Setuju nggak sih kalau aku bilang ibu adalah sosok yang paling pantas mendapat penghargaan khusus? Setuju dong ya, karena seperti yang kita ketahui bersama tugas menjadi seorang ibu itu amat lah berat. Dalam satu waktu ibu harus mengurus rumah, mendidik anak-anaknya, hingga menjadi akuntan keluarga. Itulah sebabnya pula ada hari ibu, hari dimana seluruh dunia memberikan apresiasi tak kasat mata pada mereka yang dipanggil ibu.

Bertepatan dengan hari Ibu, 22 Desember 2021, Foodbank of Indonesia pun tak mau kalah memberikan apresiasi nya pada para ibu di Indonesia melalui Anugerah Ibu Teladan. For your information, Anugerah Ibu Teladan merupakan penghargaan bagi perempuan Indonesia yang telah melakukan aksi baik luar biasa untuk membuka akses pangan bagi anak, keluarga, dan komunitas.



Yup, tanpa sadar kita sebagai ibu memang berperan penting dalam membuka akses pangan. Awalnya mungkin hanya berniat memberikan yang terbaik untuk keluarga saja, tapi nyatanya kita telah ikut andil dalam memperbaiki masalah gizi nasional.

Foodbank of Indonesia sendiri merupakan organisasi sosial yang hadir untuk membantu mengatasi kesenjangan pangan di masyarakat. Dalam praktiknya, FOI seringkali menjadi jembatan antara masyarakat yang berlebihan makanan dengan masyarakat yang membutuhkan. Tak hanya itu saja, FOI juga tak henti memberikan inspirasi pada masyarakat soal akses pangan seperti dalam acara Anugerah Ibu Teladan ini.  

Kegiatan Anugerah Ibu Teladan 2021 ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan, acara pertama nya pun dihelat pada momen peringatan hari ibu pada tahun 2020. Insya Allah kedepannya pun akan terus diselenggarakan kembali setiap tanggal 22 Desember. Momennya memang terbilang pas ya, Anugerah Ibu Teladan diberikan setiap hari Ibu.



Meski tak sampai mendapat penghargaan khusus di Anugerah Ibu Teladan tersebut, aku cukup bangga bisa ikut menyaksikan langsung pengumuman nya secara online melalui layar zoom. Buat kalian yang tidak sempat menyaksikannya secara langsung tetap bisa menonton siaran ulangnya di channel Youtube Foodbank Indonesia loh.

Anugrah Ibu Teladan ini memang sejalan dengan visi dan misi yang diusung oleh Foodbak Indonesia. Bisa dikatakan, ibu adalah garda terdepan untuk membuka akses pangan bagi anak, keluarga, dan komunitas. Begitu pentingnya peran ibu dalam akses pangan ini lah yang menjadi latar belakang diadakannya Anugrah Ibu Teladan ini.

Pemberian Anugerah Ibu Teladan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada perempuan Indonesia yang telah berperan dalam upaya untuk membuka akses pangan bagi anak, keluarga dan komunitasnya dengan aksi dan pergerakan yang dilakukan. Harapannya, kelak banyak para ibu yang makin terinspirasi untuk membuat aksi nyata bagi lingkungan sekitar nya.



Anugerah Ibu Teladan ini dibagi menjadi 4 kategori diantaranya adalah Penggerak masyarakat, akademisi/peneliti, dunia usaha dan pemangku kebijakan publik.  Selain pemberian anugerah pada para ibu teladan, ada jugapenghargaan dunia usaha atas kontribusinya dalam membuka akses pangan. Beberapa perusahaan besar yang memang aku tau sudah sejak lama berperan aktif untuk urusan akses pangan ini pun mendapat penghargaan nya loh, contohnya saja ada Danone, JNE Ekspres, Frisian Flag, dan masih banyak lagi.

Asyiknya, dalam acara tersebut, tak hanya ada pengumuman Anugerah Ibu Teladan saja, tapi juga ada acara bincang teladan bersama narasumber ahli yang berkaitan dengan akses pangan. Percaya deh, kalau kamu menonton siaran ulangnya maka kamu akan mendapat banyak insight baru yang penuh inspirasi. Acara bincang teladan ini benar-benar inspiratif sih menurutku.



Dari acara Anugerah Ibu Teladan ini aku jadi semakin semangat memberi asupan gizi terbaik pada keluarga di rumah. Nyatanya, langkah kecil yang kumulai dari rumah sendiri ini bisa juga ikut andil dalam kemajuan nasional. Jadi, tetap semangat memberi yang terbaik untuk keluarga yaaa.

0 komentar:

Posting Komentar