18/12/21

Mudahnya Pantau Tumbuh Kembang Si Kecil Dengan PrimaKu

 


Kata orang, ibu selalu tau letak barang yang ada di rumah, sekecil apapun barang tersebut. Bener nggak sih? Ya mungkin saja di luar sana memang banyak ibu yang seperti itu, tapi tidak untukku, hehehe. Sifat pelupa ku ini tak pernah hilang bahkan hingga sekarang sudah menyandang gelar sebagai ibu dari 3 anak. Ada saja hal-hal yang penting yang kulupakan. Alhamdulillah suami selalu membantuku mengingat beberapa hal penting, namun saat beliau sedang sibuk mencari nafkah barulah masalah nya muncul.

Sedikit cerita, saking pelupa nya, tiap kali aku datang ke dokter anak untuk konsultasi rutin, sang dokter langsung bisa menebak ‘pasti nggak bawa KMS lagi ya’, hehehe. Dan bisa ditebak, tiap kali itu pula, dokter selalu membekali ku oleh-oleh KMS yang baru. Bersyukurnya, beliau menyimpan data pertumbuhan anakku yang kemudian disalin ulang pada KMS yang baru.  Tak terbayang deh kalau sampai beliau tidak memiliki data tersebut. Ya masa data pertumbuhan anak yang begitu penting itu harus hilang hanya karena sifat pelupa ku ini, jangan sampai deh.

Kejadian tersebut terus berulang hingga anak kedua ku. Untungnya, begitu Nada, anak ketiga ku lahir, aku sudah lebih melek digital. Yup, saat itu aku dikenalkan dengan apikasi PrimaKu yang bisa membantu memantau pertumbuhan si kecil. Aplikasi PrimaKu ini merupakan aplikasi teknologi monitoring kesehatan anak terdepan dan terlengkap di Indonesia  yang dikeluarkan oleh PT Cipta Medika Informasi.

 
PrimaKu, Bantu Orang tua menyimpan data si Kecil dan memantau nya  dengan Baik

 

Gampangnya, PrimaKu ini seperti KMS tapi dalam bentuk digital. Cocok banget untuk membantu para ibu, terutama yang memiliki sifat pelupa sepertiku ini, hehehe. Kenapa? Karena PrimaKu hadir dengan fitur-fitur unggulan yang menjadi solusi untuk para orang tua di Indonesia dalam memantau tumbuh kembang dan kesehatan anaknya agar menjadi generasi yang sehat, kuat dan cerdas.

Ada 5 fitur unggulan di PrimaKu yang insya Allah akan terus ditingkatkan lagi, diantaranya adalah grafik pertumbuhan dan perkembangan anak, imunisasi, konsultasi, komunitas, dan rekam medis.



Data pertumbuhan anak ini memang merupakan data penting yang harus terus kita pantau untuk ‘mengawal’ mereka tumbuh dengan baik. Dengan tercatatnya data pertumbuhan tersebut, akan memudahkan orang tua menemukan masalah yang mungkin terjadi. Contoh yang paling sering seperti pada kasus stunting. Dengan memantau tumbuh kembang si kecil melalui grafik pertumbuhan, orang tua akan lebih cepat ‘sadar’ jika anaknya mengarah pada gejala stunting atau gagal tumbuh tersebut.

Nah di aplikasi PrimaKu ini sudah ada fitur grafik pertumbuhan yang bisa kita manfaatkan untuk memantau tumbuh kembang nya. Meski katanya untuk bisa memahami grafik pertumbuhan itu sulit, tapi dengan bantuan grafik pertumbuhan di PrimaKu jadi lebih mudah kok. Kita sebagai orang tua hanya perlu memasukkan data seperti tinggi, berat badan dan lingkar kepala si kecil secara rutin setiap bulannya saja.

Nantinya PrimaKu akan langsung mengkurasi data tersebut dan mengolahnya menjadi sebuah grafik pertumbuhan. Jika pertumbuhan si kecil masih ‘berjalan’ sesuai dengan garis normal, maka tak perlu khawatir, dan jika ternyata ditemukan saat dimana pertumbuhannya mulai melenceng, kita bisa langsung berkonsultasi dengan dokter. Jadi dapat meminimalisir resiko yang ada.



Tak hanya grafik pertumbuhan saja, di PrimaKu juga ada fitur yang membantu orang tua untuk memantau perkembangan motoriknya. Pada bagian buku anak, ada tanda ‘tambah data perkembangan anak’ yang jika diklik akan mengarahkan orang tua pada pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab sesuai dengan perkembangan si kecil. Di akhir pertanyaan akan ada skor yang bisa kita lihat. Skor tersebut lah yang menjadi patokan apakah perkembangan si kecil sudah sesuai usia nya atau belum.

Kerennya lagi, di PrimaKu juga ada fitur jadwal imunisasi yang dilengkapi dengan pengingat. Jadi tak hanya sekedar untuk mencatat imunisasi yang sudah dilakukan saja tapi juga membantu orang tua untuk melakukan imunisasi si kecil tepat waktu. Sebagai orang yang pelupa nya taka da obat seperti ku ini, jujur fitur tersebut amat membantu.

Selain itu, ada juga fitur konsultasi yang memungkinkan kita untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis anak yang tergabung dengan IDAI secara langsung, baik melalui sambungan telepon, video call, maupun chat.

 
Aktif Edukasi Masyarakat Soal Pentingnya Memantau Tumbuh Kembang si Kecil


Tak puas hanya memanjakan para orang tua dalam memantau tumbuh kembang si kecil, PrimaKu juga melakukan berbagai edukasi ke masyarakat soal pentingnya memantau tumbuh kembang anak loh. PrimaKu terus memberi edukasi ini melalui kanal instagramnya di @official.primaku serta berbagai webinar.



Alhamdulillah aku pun berkesempatan untuk mengikuti salah satu webinar yang diadakan oleh PrimaKu beberapa waktu lalu. Webinar bertajuk Monitor Tumbuh Kembang Anak Bersama PrimaKu tersebut menghadirkan dr Miza Dito Afrizal, Sp.A, Bmed Sci, M.Kes sebagai narasumber ahlinya. Jujur, aku menikmati banget momen sharing dengan dokter Miza ini. Penjelasan yang disampaikan beliau begitu mudah dipahami oleh orang awam sepertiku.

Dokter Miza pun merekomendasikan aplikasi PrimaKu untk di-download para orang tua, ayah dan juga ibu, karena sudah seharusnya kedua orang tua ikut memantau langsung tumbuh kembang buah hatinya. Jadi yuk download juga aplikasi PrimaKu ini di App Store dan Play Store. Tetap semangat memantau tumbuh kembang si kecil yaa. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan semua anggota keluarga.

 

1 komentar:

  1. Primaku ini emang bagus dan bermanfaat buat kita para ibu, kita bisa catat riwayat kesehatan anak dengan mudah dan bisa liat grafik tumbang anak juga ya

    BalasHapus