16/12/21

Apa Kabar Proyek Strategis Nasional Selama Melalui Masa Pandemi?

 


Apa kabar Proyek Strategis Nasional selama melalui masa pandemi? Jujur, pertanyaan ini pun menggelitik rasa penasaranku. Selama pandemic, pemerintah kan lebih fokus pada lini kesehatan untuk penanganan pandemi. Lalu apakah proyek strategis nasional yang dulu selalu digembar-gemborkan pemerintah itu akan tetap berjalan atau malah mangkrak tanpa arah?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Kementrian Koordinasi bidang perekonomian Republik Indonesia bersama Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas pun akhirnya menggelar media gathering beberapa waktu lalu. Alhamdulillah aku pun berkesempatan untuk mendapat jawaban pertanyaan itu langsung dari sumber terpercaya dalam acara yang berlangsung secara hybrid, online dan offline tersebut.

Kabar baiknya, meski harus melalui masa-masa sulit pandemic, pemerintah kita tetap berhasil menyelesaikan sejumlah Proyek Strategis Nasional loh. Kalau diakumulasikan, sejak  pertama kali ditetapkan pada tahun 2016 sampai dengan November 2021, pemerintah melalui Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) berhasil melakukan percepatan penyelesaian 124 Proyek Strategis Nasional (PSN), dengan nilai investasi Rp 626,1 triliun. Wow, jelas bukan angka yang sedikit yaa.

Nah selama pandemi Covid-19 yang banyak diragukan masyarakat pun ternyata ada juga sejumlah proyek strategis nasional yang dapat diselesaikan. Tepatnya pada Januari 2020 sampai November 2021, ada 32 PSN yang berhasil diselesaikan dengan nilai Rp 158,8 triliun. Bahkan, hingga akhir 2021, diestimasi ada tambahan 8 proyek senilai Rp 94,3 triliun yang juga akan selesai. Jadi kalau ditotal, proyek yang berhasil diselesaikan selama 2020-2021 diperkirakan ada 40 PSN senilai Rp 253,1 triliun.

Kan masih pandemi, loh kok bisa sih Proyek Strategis Nasional itu selesai? Emangnya pemerintah nggak fokus menangani kesehatan ya? Nggak gitu juga sih, hehehe. Pemerintah kita itu tetap fokus kok menangani lini kesehatan, buktinya saat ini saja, Indonesia sudah berhasil menurunkan angka penularannya secara drastic. Iya kaaan?!

Alih-alih mempertanyakan hal tersebut, bukankah akan lebih baik kalau kita mensyukuri saja? Alhamdulillah, mayoritas proyek-proyek berskala besar yang pembangunannya dimulai pada tahun 2016 saat ini sudah beroperasi secara penuh. Artinya, proyek-proyek tersebut sudah bisa dinikmati oleh masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Tak hanya itu saja, percepatan pelaksanaan PSN itu juga berdampak langsung pada penyerapan investasi dan tenaga kerja. Bukan rahasia lagi ya, kalau kondisi ekonomi kita itu sempat terpuruk akibat pandemic. Nah, di tengah pandemi, PSN yang sudah selesai sejak 2016 itu nyatanya sudah menciptakan lebih dari 11 juta tenaga kerja langsung maupun tidak langsung. Jadi, saat proyek dilaksanakan bisa menyerap tenaga kerja, dan begitu selesai hasilnya pun bisa dinikmati bersama. Bisa dikatakan, penyelesaian PSN  ini juga bagian dari agenda strategis dan prioritas untuk mempercepat pemulihan ekonomi akibat Pandemi Covid – 19. Setuju?



Kerennya lagi, Proyek Strategis Nasional ini tuh sengaja disebar ke seluruh wilayah Indonesia. Kurang lebih rinciannya adalah sebagai berikut,

Pulau Jawa sebesar Rp 1.969,8 triliun atau 34,57%,

Sumatera Rp 778,4 triliun  (13,66%),

Maluku dan Papua Rp 566,6 triliun  (9,94%),

Kalimantan Rp 505,8 triliun (8,87%),

Sulawesi Rp 276,9 triliun (4,85%),

Bali dan Nusa Tenggara Rp 58,6 triliun (1,03%),

dan sisanya program dan proyek skala nasional Rp 1.542,4 triliun atau 27,06% dari keseluruh PSN.

Sepanjang periode 2016 sampai November 2021, pengembangan infrastruktur di berbagai sektor telah memberikan dampak yang signifikan untuk masyarakat loh. Contohnya ada 3 proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang sudah selesai, dan bisa menambah layanan pengadaan air bersih dan sanitasi untuk lebih dari 2 juta orang di daerah sekitar.

Tak sampai di situ saja, ada juga proyek bendungan yang sudah bisa memberikan manfaatnya. Setidaknya  ada 22 bendungan PSN yang telah terbangun. Bendungan-bendungan tersebut dapat menambah persediaan air baku sebesar 1,56 Miliar m3, mereduksi potensi banjir sebesar 4.306,72 m3 /detik, meningkatkan pasokan air baku sebesar 10.990 lt/detik, mengairi sawah seluas 206.000 hektar, dan memproduksi 123 MW listrik.

Pemerintah juga sudah menyusun berbagai peraturan demi mempercepat penyelesaian proyek strategis, diantaranya, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 32 Tahun 2020 tentang Hak Pengelolaan Terbatas, serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 42 Tahun 2021 tentang Kemudahan Proyek Strategis Nasional  yang mengatur percepatan proses perencanaan hingga pengoperasian proyek PSN.

Salut sih sama kerja keras yang dilakukan pemerintah kita buat kesejahteraan masyarakatnya. Dari penyelesaian proyek strategis nasional ini, aku belajar kalau tidak ada suatu hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Seperti pemerintah yang terus aktif menyelesaikan berbagai proyek strategis nasional, maka kita pun harus terus semangat menjalani hari. Pandemi bukan alasan untuk bisa bermalas-malasan. Jadi tetap semangat beraktifitas yaa, jangan lupa selalu memperketat protocol kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar