13/12/21

Si Kecil Mulai PTM di Sekolah? Persiapkan Beberapa Hal ini Yuk!

 


Tim Pembelajaran daring atau tim pembelajaran tatap muka? Sebenarnya ini bukan hal yang harus jadi perdebatan sih, karena masing-masing orang tua pasti memiliki prioritas nya sendiri demi kebaikan sang anak. Hal itu juga yang akhirnya membuat pemerintah pun memberi kewenangan sepenuhnya pada orang tua untuk memberi ijin si kecil mengikuti pembelajaran tatap muka yang mulai digelar ini. 

Jujur, sebagai orang tua, aku juga khawatir saat harus melepas ketiga buah hatiku mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah. Namun jika mereka harus terus-terusan belajar secara daring pun jelas tidak mungkin. Ada resiko tidak dapat mengikuti pelajaran sebaik siswa yang melakukan PTM. Terlebih lagi, aku yang selama ini mendampingi mereka belajar daring, sama sekali tidak memiliki background pendidikan sebagai guru, jadi kurang bisa membuat mereka memahami apa yang kusampaikan.

Oleh karena itu, aku dan suami sepakat untuk mengijinkan ketiga anakku mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas di sekolahnya. Memberi ijin tak lantas membuatku angkat tangan dan menyerahkan mereka sepenuhnya pada pihak sekolah dong. Ada beberapa hal yang sengaja dipersiapkan sebelum mereka bertiga melakukan PTM. Alhamdulillah, ternyata semua yang kupersiapkan itu sejalan dengan pendapat ahli di acara webinar bersama Holisticare beberapa waktu lalu.


Persiapkan si kecil mengikuti PTM di Sekolah bersama Holisticare

Iyes, demi mempersiapkan semua kebutuhan si kecil mengikuti PTM di sekolahnya, aku memang tak ragu mengikuti berbagai webinar yang membahas hal ini, salah satunya webinar bersama Holisticare yang berlangsung secara daring melalui layar zoom itu. Webinar bertajuk mempersiapkan anak dalam menyambut kembali PTM di sekolah tersebut banyak memberi insight baru padaku. 

Berdasarkan hasil rangkumanku, setidaknya ada 3 hal yang harus dipersiapkan untuk si kecil menyambut kembali pembelajaran tatap muka di sekolah, diantaranya adalah kebutuhan sekolah, mental si kecil dan kesehatan fisik nya.

Persiapkan kebutuhan sekolah nya sebaik mungkin,

Sudah bukan rahasia lagi dong, kalau selama belajar dari di rumah, banyak peralatan sekolah yang tidak terpakai dan akhirnya rusak atau tidak bisa digunakan kembali untuk PTM. Contohnya Seragam atau tas sekolah. Selalu ada saja kasus seragam yang kekecilan atau tas yang sudah tak layak pakai saat akan PTM. 

Nah, sebelum si kecil melakukan PTM di sekolah, sebaiknya cek kembali semua perlengkapan sekolahnya ya. 


Persiapkan mental si kecil

Sadar atau tidak, selama hampir dua tahun ini, si kecil hanya berinteraksi dengan lingkungan rumah nya saja. Jadi pasti akan memberi dampak khusus pada mental nya. Pada beberapa anak, hal ini tidak terlalu kentara, tapi pada beberapa yang lain bisa sampai menimbulkan rasa takut untuk mengikuti PTM. Kalau sudah begitu, tugas kita lah untuk mempersiapkan mental nya sebaik mungkin. 

Berdasarkan sharing dari Psikolog cantik, kak Pritta Tyas dalam webinar bersama Holisticare, kita bisa loh mempersiapkan mental si kecil dengan melakukan role play atau permainan peran terlebih dahulu. Role Play dalam mempersiapkan si kecil mengikuti PTM ini terbilang efektif. Walau agak telat, aku langsung melakukannya di rumah bersama anak-anak, dan hasilnya cukup memuaskan kok. Anak-anak yang awalnya khawatir saat harus berangkat PTM, jadi bersemangat kembali. 

 

Persiapkan kesehatan fisik si kecil



Yup, meski angka penularannya sudah menurun drastis, bukan berarti kita harus abai, setuju? Selain protokol kesehatan yang tetap harus dijalankan, ada baiknya kita juga membekali si kecil dengan vitamin yang cocok untuk mereka. Untuk yang sedang bingung mencari vitamin anak, bisa coba Holisticare  Ester C Kids

For your information, Holisticare Ester C Kids ini merupakan vitamin C inovasi baru yang diformulasikan khusus untuk anak-anak yang dibuat dari Ester -C yaitu kalsium askorbat yang dipatenkan dan melalui proses unik sehingga tidak lebih perih di lambung. 

Tak hanya itu saja, Holisticare  Ester C Kids ini juga mengandung pemanis Xylitol yang berasal dari bahan alami. Yup, seperti kita ketahui, Xylitol bermanfaat untuk  memelihara kesehatan gigi si kecil. Jadi serasa dapat dobel manfaat banget kan? Untuk moms yang mau tau info lebih lanjut soal Holisticare Ester C Kids ini bisa mengunjungi laman websitenya di www.holisticare.co.id yaa.


Kalau ketiga hal tersebut, dapat kita persiapkan dengan sebaik mungkin, insya Allah si kecil dapat mengikuti pembelajaran tatap muka tanpa kendala yang berarti, dan saya sendiri sebagai ibu yakin mereka akan baik-baik saja karena sudah dibekali edukasi dan memberikan suplemen tambahan juga. Lalu saya tidak pernah lupa juga untuk selalu mengingatkan mereka menerapkan protokol kesehatan saat berada di luar rumah yaa. Tetap semangat mendampingi persiapan PTM anak-anak ya bun!


2 komentar:

  1. Holisticare ester c kids ini, selain rasanya enak, juga aman ya mba di lambung anak, jadi ga khawatir di sekolah sakit perut atau kenapa2

    BalasHapus
  2. Seneng liat wajah si cantik yang siap dan berbinar binar mau ke sekolah yaaaa mom Natara

    Jangan lupa minum ester C kids nya yaaaa!

    BalasHapus