22/02/22

Kuliah di Usia yang Tidak Muda Lagi? Cek Beberapa Persiapan ini Deh!

 

kuliah di usia yang tidak muda lagi

Salah satu keputusan besar yang aku ambil di awal tahun 2022 ini adalah kembali sekolah meneruskan mimpi yang dulu sempat tertunda. Yup, akhirnya aku berhasil memantapkan hati untuk daftar kuliah dengan status sebagai ibu dari 3 orang anak dan di usia yang sudah tidak muda lagi. Ini jelas tidak mudah bagiku, tapi insya Allah juga bukan suatu hal yang tidak mungkin kujalani. Bismillah saja, begitu pikirku.

Aku sadar betul, 4 tahun ke depan hidupku akan kembali diwarnai dengan kesibukan yang mungkin akan menyita waktu. Oleh karena itu butuh persiapan matang dari segala sisi agar semua bisa berjalan lancar sebagaimana mestinya. Nah di tulisanku kali ini aku akan merincikan beberapa hal yang kupersiapkan untuk mulai kuliah di usia yang tidak muda lagi, semoga bisa menginspirasi kalian yang juga ingin mengambil ‘jalan’ yang sama denganku yaa.

 

1. Tetapkan tujuan kuliah

Tujuan kuliah di usia yang tidak muda lagi jelas akan berbeda dengan dedek-dedek gemes yang baru lulus SMA. Umur jelas akan menjadi pertimbangan utama. Contoh simpelnya, kita harus paham dulu, peluang mendapatkan pekerjaan sesuai gelar yang didapat saat lulus kuliah nanti akan lebih kecil dibanding mereka yang memulai kuliah nya sesaat setelah lulus SMA.

Jadi, pastikan tujuan kuliah di usia yang tak muda bukan lagi hanya sebatas mencari gelar atau ingin mendapat pekerjaan yang baik. Selain ingin menuntaskan mimpi, aku sendiri memiliki tujuan agar bisa menjadi ‘contoh’ nyata untuk anak-anak. Aku ingin mereka paham arti dari ungkapan ‘tak ada kata terlambat untuk belajar’ yang sebenarnya.

 

2. Pilih Fakultas dan Jurusan yang sesuai

Jika tujuan kuliah mu sudah jelas, harusnya tahap memilih tempat kuliah, fakultas dan jurusan pun bukan masalah besar bagimu. Jangan lupa untuk menyesuaikan kembali dengan waktu yang kamu miliki yaa. Contohnya, karena sekarang status ku adalah ibu dari tiga orang anak, maka aku putuskan untuk mengambil kuliah yang bisa dilakukan secara daring sepenuhnya.

 

kuliah di usia yang tidak muda lagi

3. Bentuk Support System yang baik

Sebelum memutuskan untuk kuliah di usia yang tidak muda lagi, ada baiknya diskusikan dulu dengan seluruh anggota keluarga, terutama pada suami jika kamu sudah menikah. Ini penting, karena biar bagaimanapun, nanti nya support system inilah yang akan membantu aktivitas perkuliahanmu. Paling tidak, mereka lah yang akan membantu untuk mengambil alih pekerjaan rumah yang harusnya dikerjakan.  

 

4. Mulai persiapan belajar lebih awal

Please jangan jumawa, meski dulu prestasi saat SMA terbilang baik, karena sudah berlalu begitu lama, kita tetap harus mempersiapkan diri untuk belajar dulu. Coba deh, buka-buka kembali buku pelajaran SMA nya untuk sekedar me-refresh ingatan tentang semua pelajaran itu. Sebaiknya ini dilakukan paling tidak 1-2 bulan sebelum perkuliahan aktif dimulai yaa.

 

5. Persiapkan semua alat penunjangnya

 

Selain alat tulis dan buku-buku yang sesuai dengan mata kuliah mu, jangan lupa juga untuk mempersiapkan peralatan penunjang seperti laptop, printer dan scanner. Percaya deh, alat-alat ini akan kamu butuhkan untuk menyelesaikan semua tugas kuliah mu. Daripada cape terus-terusan bolak-balik ke warnet untuk memcetak tugas kuliah, kalau ada rejeki lebih sebaiknya sih kamu beli saja printer dan scanner nya. Ini akan lebih menguntungkan mu.



Untuk yang bingung mau pilih printer dan scanner yang cocok, bisa coba kunjungi laman website nya Solusi Arya Prima. Solusi Arya Prima ini merupakan tempat terpercaya penyedia produk elektronik dengan pelayanan terbaik untuk produktivitas kita. Ada banyak pilihan printer dan scanner berkualitas yang bisa membantu aktivitas perkuliahanmu nanti.

Jujur, ada printer dan scanner di Solusi AryaPrima yang sedang jadi incaranku nih, HP LaserJet Pro M404, dan HP ScanJet Pro 2500 f1 Flatbed Scanner. Sebenarnya ada printer dan scanner di Solusi Arya Prima dengan spesifikasi di atas kedua tipe ini, tapi karena nantinya aku hanya akan menggunakan nya untuk mendukung aktivitas perkuliahan saja, rasanya kedua tipe ini sudah cukup untukku kok.

HP LaserJet Pro M404

Fitur utama yang paling aku suka dari printer ini adalah sambungan nirkabel nya yang hebat. Tak perlu diribetkan lagi dengan urusan kabel yang melilit dan tak enak dilihat deh. Tak hanya itu saja, kecepatan mencetaknya pun tak bisa diremehkan begitu saja loh, printer ini mampu mencetak hitam-putih sampai 40 ppm.

Desainnya yang didominasi warna putih pun berhasil menarik perhatianku. Rasanya akan terlihat manis jika diletakkan di meja belajarku nanti, hehehe.



HP ScanJet Pro 2500 f1 Flatbed Scanner

Jujur, desain simpel dari HP ScanJet Pro 2500 f1 Flatbed Scanner ini yang menjadi perhatian utama ku saat ingin meminang scanner ini. Dibanding scanner lain yang ada di Solusi Arya Prima, scanner yang satu ini memang terlihat paling simpel. Kecepatan scannya yang sampai 20 ppm, seharusnya sudah cukup untuk mendukung aktivitas perkuliahanku nanti.



Selain hal-hal yang udah aku sebutkan tadi, mental jelas merupakan hal utama yang harus disiapkan. Pasti akan ada saja ‘suara sumbang’ bin julid yang datang dari berbagai pihak tentang keputusan yang kita ambil. Please nggak usah didengarkan yaa, fokus ama tujuan mu saja. Tetap semangat meraih mimpi meski usia tidak muda lagi yaa. Bismillah saja, insya Allah niat baik juga akan mendatangkan hasil yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar