23/02/22

Strategi Keuangan Baru di Hari Raya!



Mumpung belum terlambat banget, aku mau mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek untuk kalian semua yang merayakannya. Semoga di tahun baru ini akan ada keberkahan berlimpah untuk kita semua. Aamiin. By the way, apa kabar nih dengan isi kantong dan rekening kalian seusai perayaan imlek kali ini? Masih bersisa kan? Atau malah habis terpakai semua dan sedang bingung mencari tambahan nih? Hehehe.

Baik perayaan imlek, tahun baru, natal, maupun idul fitri memang butuh budget lebih yang harus dipikirkan dari jauh-jauh hari. Terbayang dong, dalam satu waktu akan ada budget yang harus dialokasikan untuk beberapa hal sekaligus, mulai dari belanja  kebutuhan pokok, perintilan hari raya, mudik, hingga angpao khusus untuk anak-anak. 

Semua itu jelas membutuhkan budget yang tidak sedikit. Jadi, meski biasanya ada tunjangan hari raya yang diterima tapi tetap saja kalau tidak diatur dengan baik bisa berujung petaka bagi kita, setuju? Sayangnya perkara mengatur budget untuk merayakan hari raya ini bisa dikatakan gampang-gampang susah sih yaa, terutama untuk kamu yang memiliki banyak tanggungan.

Nah untuk menyiasati hal ini, aku punya beberapa tips yang bisa kalian terapkan saat mengatur keuangan menjelang hari raya agar dompet, kantong serta rekening mu tetap aman sentosa, berikut diantaranya,


1. Memberi Angpao atau hadiah Sesuai Budget


Nggak cuma ada di perayaan tahun baru imlek saja, setauku tradisi pemberian angpao atau hadiah di hari raya juga ada dalam perayaan natal dan idul fitri. Biasanya angpao atau hadiah ini diberikan pada anak-anak dan inilah yang menjadikan hari raya semakin semarak. 

Jelas tak ada yang salah dengan ‘berbagai angpao’nya, tapi akan menjadi salah saat kita tidak mengatur budget yang sesuai. Besaran budget nya sendiri akan berbeda bagi masing-masing individu, namun yang bisa jadi catatan adalah coba deh beri angpao atau hadiah hanya pada saudara inti dulu. Selain itu, bisa juga dengan membatasi jumlah uang pada angpao yang akan diberikan.

Buang dulu deh rasa malu atau gengsi karena baru bisa memberikan nominal angpao yang tidak besar itu, daripada nanti malah menyesal karena budget yang tak terkontrol. 



2. Makan Bersama di Rumah


Selain bisa meminimalisir budget yang dikeluarkan, masak dan makan bersama di rumah juga bisa mempererat hubungan keluarga loh. Apalagi biasanya ada menu khusus yang hanya ‘keluar’ di hari raya saja. Contohnya mie panjang umur dan ikan bandeng utuh di perayaan imlek, atau opor ayam plus ketupat nya di hari raya idul fitri. 

JIka kamu memasak sendiri makanan yang akan disajikan di hari raya nanti otomatis budget yang dikeluarkan juga bisa terkontrol dengan baik. Selain lebih hemat, tentu akan lebih seru juga bila sama-sama mencicipi hasil masakan sendiri. Percaya deh!


3. Berburu diskon saat Imlek

Perayaan hari raya, baik itu imlek, natal maupun idul fitri memang selalu identic dengan banyak nya promo diskon di berbagai pusat perbelanjaan. Nah kita bisa banget tuh memanfaatkan momen berburu diskon ini untuk menghemat anggaran.

Kabar baiknya, ternyata nggak cuma pakaian atau pernak-pernik hari raya saja yang diskon, biasanya perusahaan asuransi jiwa berbasis digital FWD Insurance juga menawarkan berbagai diskon khusus loh. Contohnya saja, pada imlek lalu, ada diskon 30 % dari periode 25-31 Januari 2022 untuk pembelian/ kepesertaan premi tahun pertama produk Asuransi Bebas Handal, FWD Cancer Protection, Bebas Rencana & Bebas Aksi (tidak termasuk Bebas Aksi Flash) dengan menggunakan kode promo di website fwd.co.id.



Karena promo nya udah lewat, kamu juga bisa sering-sering aja cek di laman website nya FWD Insurance yaa, tenang aja ada banyak promo menarik lainnya yang bisa kamu dapatkan kok. Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa ini bisa dikatakan penting untuk kita, agar hidup lebih terlindungi. 


4. Perhatikan gaya hidup


Aku pernah dengar sebuah ungkapan yang berbunyi,’rezeki itu akan selalu cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup, tapi tidak akan pernah cukup untuk memenuhi gaya hidup’. Setuju? Aku sih yes banget. Aku percaya, Dia sudah menyiapkan rezeki yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup masing-masing makhluknya. Nah tinggal kita nya saja yang harus pinter memilah mana kebutuhan hidup dan mana gaya hidup.



Sesekali mengikuti keinginan untuk memenuhi gaya hidup mu boleh kok, asal masih sesuai budget. Udah nggak jaman ah gengsi hanya karena tidak bisa mengikuti gaya hidup orang lain. Sekarang tuh jamannya justru bisa pintar dan cerdas mengelola keuangan agar tidak menyesal di kemudian hari. Jadi, yuk atur budget perayaan hari raya mu dengan baik dan terkontrol. 

Tetap semangat, dan jaga kesehatan selalu yaa!

 



1 komentar:

  1. yess waktu lebaran juga aku usahakan untuk manage keuangan dengan baik, nggak semua budget digunakan untuk angpao
    sisanya pasti untuk tabungan

    BalasHapus