19/03/22

Duta Kosmetik dan Jamu Aman, Apa sih Itu?

 

Duta Kosmetik dan Jamu Aman

Aku paham banget semua perempuan yang ada di dunia ini pasti ingin terlihat cantik. Bahkan mereka yang seolah cuek dengan penampilan sekalipun, disadari atau tidak, keinginan untuk bisa tampil cantik itu tetap akan terselip di dalam hati. Terlebih lagi, saat ini kita semua tinggal di masyarakat yang memang lebih mengutamakan para perempuan berparas serta penampilan cantik. Iya nggak sih? Makanya sekarang ada Duta Kosmetik dan Jamu Aman loh, apa lagi tuh? Yuk kita bahas bareng!

Dalam tulisan ku di blog ini pun aku pernah mneceritakan pengalaman burukku menghadapi lingkungan ‘bermulut jahat’ yang dengan frontal nya menolak serta menghina ku hanya karena saat itu aku belum pandai merawat diri. Meski sempat membuatku terpuruk selama beberapa waktu, percaya lah, itu hanya contoh kecil dari sekian banyak cerita lain yang ada di dunia nyata ini. Miris ya? Tapi memang itu faktanya.

Lalu, sebenarnya cantik itu yang seperti apa sih? Pada dasarnya, cantik itu relatif. Terlihat cantik bagi seseorang belum tentu sama di mata orang lain. Sayangnya, cantik yang sejatinya bersifat relatif itu justru digiring menjadi ‘harus putih, tinggi dan langsing’. Bukan lagi secara sembunyi-sembunyi, tapi sudah terang-terangan dikemukakan melalui berbagai media. Tengok saja ada berapa banyak iklan komersial yang membandingkan perempuan cantik dan yang biasa saja.

Duta Kosmetik dan Jamu Aman


Saking kuatnya stigma itu, akhirnya membuat para perempuan menghalalkan segala cara untuk bisa terlihat putih dan langsing. Dan fenomena inilah yang kemudian banyak dimanfaatkan oleh para pihak yang tidak bertanggung jawab. Setiap tahunnya ada saja oknum yang tertangkap basah memproduksi produk berbahaya yang ditujukan untuk memuaskan keinginan para perempuan ini.

Berkedok sebagai Kosmetik dan Jamu herbal, membuatnya seolah berasal dari bahan alami, merupakan trik jitu para produsen nakal itu menggaet konsumennya. Yup, masayarakat kita memang masih percaya kalau yang berbau ‘herbal’ itu adalah yang terbaik. Kepercayaannya sih tidak salah, tapi ‘herbal’ yang seperti apa dulu dong yang aman digunakan, hehehe.

Duta Kosmetik dan Jamu Aman
Badan POM RI


Nah parah nya lagi, untuk menambah kefektivitasan nya, pihak yang tak bertanggung jawab ini tak segan untuk memasukkan bahan kimia obat ke dalamnya. Tentu dengan takaran semau mereka, hmmmm. Contoh yang paling sering adalah penggunaan merkuri pada kosmetik. Tak butuh waktu lama bagi pengguna kosmetik ber merkuri ini untuk memiliki kulit putih, tapi dampak jangka panjang nya sungguh menyeramkan, karena bisa menimbulkan penyakit kanker kulit.

Menghindari Kosmetik dan Jamu berbahaya sebenarnya bukanlah hal yang sulit, hanya butuh sedikit kejelian saja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan suatu Kosmetik dan Jamu, diantaranya adalah melakukan CEK KLIK, hanya beli di tempat terpercaya, dan tidak percaya dengan klaim berlebihan dari produsen.

 

Duta Kosmetik dan Jamu Aman


Baca juga : https://www.kreasi-natara.com/2019/09/cek-klik.html 


Duta Kosmetik dan Jamu Aman

Untuk mengatasi masalah ini, BPOM pun melakukan berbagai cara, salah satunya dengan memberikan pembekalan untuk pembentukan Duta Jamu dan Kosmetik aman. Iyes, beberapa waktu lalu aku pun ikut langsung menghadiri acara yang diselenggarakan oleh BPOM itu secara online. Alhamdulillah ada banyak insight baru soal kosmetik dan jamu aman, hingga akhirnya tulisan ini bisa tayang.

Sejatinya, kegiatan ini merupakan implementasi dari dua program unggulan BPOM, yaitu BPOM Goes to school dan BPOM Goes to Campus. Jadi, dari kedua program tersebut akan dipilih para duta kosmetik dan jamu aman yang nantinya akan ‘membantu’ BPOM memberikan edukasi ke masayarakat sekitar nya  tentang bagaimana memilih kosmetik dan jamu yang aman. Biasanya kan kalau disampaikan oleh orang terdekat, masyarakat akan lebih percaya.

Duta Kosmetik dan Jamu Aman

Badan POM RI

Kegiatan Duta Kosmetik dan Jamu aman ini sudah sukses berjalan di tahun 2021 lalu loh. Diawali dengan 33 duta Kosmetik Aman di Bengkulu dan 25 Duta Jamu Aman di Semarang, para duta ini sudah memberikan 116 edukasi yang diikuti 11.060 peserta. Kerennya, kegiatan ini dilaksanakan dengan memaksimalkan berbagai platform digital yang memang sudah akrab di kalangan masyarakat kita.

Harapannya, kelak tak akan ada lagi stigma yang bilang kalau cantik itu harus putih dan langsing. Aku cantik, kamu cantik, dan dia pun cantik. Kita punya cantiknya masing-masing kok, percaya deh. Untuk selengkapnya seputar Duta Kosmetik dan Jamu Aman ini bisa diliat di www.pom.go.id.

 

This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar