26/04/22

Gaya Hidup Halal untuk pondasi Indonesia Sehat dan Kuat

 


Asyiknya tinggal di Indonesia yang notabene mayoritas beragama islam itu ya dapat dengan mudah mencari makanan atau barang halal lainnya. Percaya deh, di luar sana, terutama di Negara yang umat muslim nya adalah minoritas, mencari sesuatu berlabel halal ini susah nya pakai banget loh.

Aku sendiri sempat mengalami nya langsung saat ke Jepang dua tahun lalu, jangan kan mencari kosmetik berlogo halal, mencari makanan halal saja sulitnya bukan main. Jadi, sudah sepatutnya sih kita bersyukur tinggal di Indonesia. Setuju?

By the way, selain bersyukur, pernah nggak sih terpikirkan olehmu kalau mayoritas muslim di Indonesia ini bisa menjadi peluang terbuka nya pasar halal lifestyle yang besar? Apalagi kan saat ini tren gaya hidup halal semakin populer di masyarakat Indonesia tuh. Bukan tidak mungkin loh jika #GayaHidupHalal menjadi pondasi Indonesia sehat dan kuat.



Gaya hidup halal memang selalu mengedepankan kebersihan, kesehatan, keamanan, serta membuat kondisi jasmani dan rohani individu semakin terjaga. Ketika mengonsumsi makanan halal, tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang baik dan cukup, pikiran pun tentram karena paham bahwa semua hal yang digunakan atau dikonsumsi merupakan produk yang aman dan berkualitas. Melihat semua kebaikan dan manfaatnya tak heran dong ya jika dikatakan gaya hidup halal menjadi pondasi Indonesia sehat dan kuat.

Hal tersebut pula lah yang akhirnya melatar belakangi diadakannya webinar bertajuk ‘Gaya hidup halal menjadi pondasi Indonesia sehat dan kuat’ melalui zoom webinar dan Live streaming di Youtube CNN Indonesia beberapa waktu lalu.  Meningkatnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup halal tanpa disadari juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita. Makanya gaya hidup halal ini tak butuh waktu lama untuk bisa menjadi tren di masyarakat Indonesia.

Tak hanya itu saja, gaya hidup halal ternyata juga memiliki daya tarik dan potensi besar dalam aspek bisnis. Indonesia dengan segala kekayaan yang dimilikinya memiliki potensi untuk mengembangkan seluruh potensi aspek halal. Tingginya potensi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta meningkatkan peran industri halal agar dapat memberikan kontribusi yang lebih besar untuk pertumbuhan ekonomi nasional.

 

Lalu sebenarnya apa sih yang dimaksud gaya hidup halal itu?

Gaya hidup halal bisa dikatakan sebagai gaya hidup yang sejalan dengan konsep halal & Thoyibah. Makanan mungkin memang jadi salah satu lini yang paling mendapat perhatian, namun gaya hidup halal ternyata bermakna luas, termasuk diantaranya dalam segi fashion, kosmetik dan berbagai lini lainnya.

Kabar baiknya, dengan diimplementasikannya Undang-Undang Jaminan Produk Halal (UU JPH) memicu edukasi halal yang begitu masif tak hanya di kalangan konsumen tapi juga para produsen di industri halal Indonesia. Karena sekarang halal menjadi faktor penting keputusan pembelian konsumen, akhirnya para produsen pun mulai memperhatikan hal ini.



Kalau dulu kita mencari barang halal hanya karena menunaikan kewajiban sebagai muslim, saat ini justru lebih disebabkan oleh gaya hidup halal yang sudah menjadi tren. Serasa mendapat dobel manfaat banget kan, sudah manfaat nya banyak, kita juga tidak ketinggalan tren masa kini.

 

Danone Indonesia, Insya Allah halal dari bahan baku hingga proses produksi nya.

Salah satu contoh nya adalah Danone Indonesia. Danone Indonesia merupakan salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang.  Sejalan dengan isi tersebut, Danone pun memperhatikan soal kehalalan produknya, mulai dari bahan baku hingga proses produksi nya semua dipastikan kehalalannya.

Tak sampai di situ saja, Danone Indonesia juga berkomitmen untuk memberikan kualitas produk dan layanan dengan kepatuhan penuh pada standar Danone, pemerintah serta industri yang berlaku, mulai dari konsep awal yang berlanjut ke seluruh siklus hidup produk sampai saat dikonsumsi oleh konsumen.



Sekarang aku jadi berpikir, kalau perusahaan sebesar #DanoneIndonesia saja memperhatikan kehalalan dalam produksi nya, masa kita yang merupakan umat muslim ini masih malas menjalani gaya hidup halal sih? Semoga tidak yaa. Tetap semangat menerapkan halal lifestyle untuk kebaikan bersama yaa.

 

0 komentar:

Posting Komentar