14/04/22

Pintar Bersama Pilih Pinjaman Agar Hati Nyaman

 


Asal ada kemauan pasti ada jalan, Setuju? Aku sih setuju, aku percaya kalau seseorang punya niat yang kuat dan mau berusaha, insya Allah akan ada jalan yang terbuka untuk nya. Ini berlaku hampir di semua bidang loh, termasuk soal membangun usaha sendiri. Jadi buat kamu yang sedang membangun usaha atau baru mau mulai merintis usaha mu, tetap semangat yaa, insya Allah akan membawa hasil.

“tapi kan saya nggak punya ini, nggak punya itu, gimana mau buka usaha?” duh kalau itu yang ada dalam pikiranmu saat membaca paragraph pertama di atas, mungkin justru pemikiran itulah yang jadi hambatan terbesar mu. Loh kok bisa? Karena sekarang ada banyak kemudahan buat kita membuka usaha sendiri kok, mulai dari ilmu gratis sampai kemudahan mencari modal usaha.

Dua hal tersebut memang menjadi momok terbesar saat akan membuka usaha. Nah sebenarnya kita bisa tuh dapat kemudahan untuk kedua hal tersebut. Salah satu contoh nya adalah kelas #PintarBersama Vol.4 yang beberapa waktu lalu diadakan oleh Kredit Pintar.  Alhamdulillah aku bisa ikut dalam kelas itu jadi bisa share beberapa hal penting yang disampaikan di sana ke dalam tulisan di blog ini.



For your information, rangkaian kelas #PintarBersama ini merupakan persembahan Kredit Pintar untuk merangkul dan mengedukasi komunitas guna meningkatkan literasi keuangan.  Di kelas nya itu, Kredit Pintar tak segan mengundang narasumber yang kompeten di bidangnya untuk sharing soal literasi keuangan pada para peserta yang hadir.

Nah, Kelas #PintarBersama yang aku ikuti beberapa waktu lalu mengangkat tema ‘Pengelolaan Modal Pintar Bersama Kredit Pintar - #PintarBersama Pilih Pinjaman Agar Hati Tetap Nyaman’. Dari paparan dalam kelas tersebut aku makin mantab percaya kalau asal ada kemauan pasti ada jalan untuk membuka usaha sendiri.

Selain di Kelas Pintar itu, kalau kamu memang niat belajar usaha, sekarang udah banyak juga kok ilmu bertebaran di Google. Jadi harusnya soal ilmu usaha ini tidak lagi jadi hambatan dong yaa, lalu gimana dengan modal usaha nya? Yuk kita bahas bareng.

 

#PintarBersama Pilih Pinjaman Agar Hati Tetap Nyaman

 Untuk mendapatkan modal usaha pun sebenar nya bukan hal besar loh, sekarang udah banyak juga lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman produktif untuk kamu yang mau memulai usaha. Tapi ingat, yang banyak dan bertaburan itu belum tentu semua nya baik untuk mu. Tetap harus ada filter untuk membentengi diri dari hal-hal buruk.

Nah agar hati tetap nyaman saat memilih pinjaman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengambil pinjaman produktif mu, berikut diantaranya,


Sesuaikan dengan kondisi keuangan mu

Lakukan perhitungan dengan baik, sesuaikan kembali dengan kondisi keuangan mu sebelum menentukan besaran pinjaman nya. Dalam tulisan ku sebelumnya, aku pernah tuh mengulas kalau besaran pinjaman atau hutang yang kita bayarkan per bulan jangan sampai melebihi 30 % penghasilan. Ini penting agar keuangan mu dapat terkelola dengan baik.

 

Baca surat kontrak perjanjian dengan seksama

Setiap kali mengajukan pinjaman produktif, akan ada surat kontrak perjanjian yang harus ditandatangani. Nah baca surat perjanjian tersebu dengan seksama. Pahami semua poin yang ada, agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

 

Pilih layanan pinjaman produktif dengan teliti

Pastikan memilih layanan pemberi pinjaman produktif yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jangan pernah terbuai dengan beragam promosi atau tawaran apabila datang nya dari layanan pinjaman produktif illegal. Karena meski diawal nya terasa enak, nantinya justru akan membebankan kita dengan Bunga, denda tinggi, perhitungan yang tidak transparan sampai ancaman akan menyebarkan data pribadi saat penagihan.

Nggak perlu khawatir, layanan pinjaman produktif yang legal ini juga banyak kok. Per 17 November 2021 lalu saja, OJK sudah merilis 104 penyelenggara fintech peer- to-peer lending atau fintech lending yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, salah satunya ya Kredit Pintar.



Asyiknya, selain aman karena sudah terdaftar dan diawasi OJK, Kredit Pintar juga menawarkan pinjaman produktif secara online yang mudah, cepat cair, dan persyaratannya pun tidak sulit. Hanya perlu menyediakan KTP Elektronik saja, uang pinjaman pun bisa dicairkan dalam waktu 10 menit. Wow, cepat banget yaa.

Tak hanya itu saja, limit yang ditawarkan pun cukup menggiurkan, mulai dari Rp 600 ribu sampai Rp 20 juta dengan tenor pinjaman bervariasi mulai dari 30 hari sampai 360 hari. Nah cocok banget kan buat kamu yang terkendala modal saat ingin membangun usaha mu sendiri.



Jadi, udah nggak ada hambatan lagi dong ya untuk kamu yang mau buka usaha. Ide usaha apa nih yang mau kamu rintis? Langsung siapin analisa pasarnya juga yaa, kalau bagus, lanjut buka aja. Jangan tunggu lama-lama. Buat yang mau tau lebih jauh soal Kredit Pintar bisa langsung kunjungi laman websitenya di http://www.kreditpintar.com/

 

 

  

0 komentar:

Posting Komentar