01/04/22

Rahasia temukan potensi diri untuk berkreasi di masa sulit, emang bisa?

 




Jujur, ada perasaan sangsi saat aku melihat flyer online class bertajuk ‘Rahasia temukan Potensi Diri untuk Berkreasi di Masa Sulit’. Emang bisa? Karena sepemahaman ku, dalam masa sulit, boro-boro menemukan potensi diri, untuk bisa bertahan saja sudah bagus banget. Iya nggak sih?

Contoh simpel deh, saat pandemi melanda atau saat krisis moneter tahun 1998 lalu, tak sedikit masyarakat yang ‘buntu’ dan tak tau harus berbuat apa. Hanya bisa fokus untuk bertahan, mempertahankan hidup yang harus terus berjalan dan mempertahankan kewarasan yang makin tidak mudah. Masa sulit ya emang membuat kita sulit untuk apa-apa. Tak pernah terpikir sama sekali kalau di masa sulit itu kita bisa menemukan potensi diri. Inilah yang membuat ku sangsi dengan tajuk online class tadi.  

Saking tidak percaya nya, kalau yang mengadakan kelas ini adalah orang lain, mungkin aku akan langsung skip saja. Namun, kelas yang satu ini jelas beda karena yang menjadi mentor nya bukan orang sembarangan loh, Coach Komang Ayu Trysnawati, seorang Conselor life & Wellness professional. Sang mentor inilah yang mengulik rasa penasaran ku untuk mengikuti kelasnya. Siapa tau saja, hal yang menurutku tidak mungkin tadi, justru bisa jadi mungkin di tangan beliau.



Yup, di beberapa tulisan sebelumnya, aku pun pernah mengulas soal bagaimana sepak terjang Coach Komang Ayu dalam membantu banyak orang yang mengalami kebuntuan. Beliau memang telah berpengalaman di bidang ini, dan dibuktikan dengan berbagai sertifikat serta gelar professional yang disandangnya. Dan, kali ini ia kembali membuka online class yang bisa diikuti oleh masyarakat umum.

 

‘berdamai’ dengan masa sulit agar bisa temukan potensi diri

Menurut Coach Komang Ayu kalau mau menemukan potensi diri di masa sulit, maka sebelumnya kita harus ‘berdamai’ dulu dengan si masa sulit tadi. Nah cara berdamai dengan masa sulit inilah yang kemudian dibahas habis-habisan dalam kelas nya, baik secara teori maupun praktek langsung tekniknya.

Salah satu hal yang paling membuatku takjub adalah bagaimana cara Coach Komang Ayu ‘menggiring’ para peserta kelas nya ke satu tujuan. Gini loh, setiap orang kan jelas memiliki masa sulit nya masing-masing. Kadar sulit nya pun akan berbeda-beda satu sama lain. Bahkan dalam keadan sulit yang sama sekalipun bisa ditanggapi berbeda oleh orang yang berbeda. Nah di kelas ini, Coach Komang Ayu bisa loh menyatukan persepsi para peserta itu.



Aku melihat hal ini dari tanggapan dan reaksi para peserta lain. Bahkan, aku yang tadinya sempat sangsi dengan kelas ini pun langsung optimis seketika. Sesi awal kelas saja sudah berhasil mengubah persepsi ku soal masa sulit tadi. Ternyata kalau tau ‘caranya’, masa sulit itu tak selama nya jelek kok. Bisa jadi ada potensi diri yang kita temukan di sana.

Ada beberapa cara yang dibagikan oleh Coach Komang Ayu dalam kelas ini, diantaranya cara untuk validasi emosi, menenangkan diri, menetralkan diri, hingga akhirnya bisa menemukan potensi diri untuk bisa berkreasi di masa sulit. Sekilas, silabus kelasnya memang terlihat umum atau banyak diketahui orang. Tapi ternyata tidak demikian. Semua ada caranya, ada teknik nya agar bisa memperoleh hasil maksimal. Dan teknik-teknik ini yang dibagikan di online class bareng Coach Komang Ayu.

Contoh deh, cara menenangkan diri yang paling umum dilakukan banyak orang adalah minum air putih dan menarik-menghembuskan napas secara perlahan. Nah ternyata minum air putih dan bernapas perlahan untuk menenangkan diri itu ada tekniknya. Tidak sembarangan. Bukan asal minum air putih saja dan bukan juga hanya menarik dan menghembuskan napas saja. Di kelas inilah para peserta diajak praktek dan merasakan langsung perbedaannya.

Masa sulit itu memang seperti benang kusut yang harus kita urai satu per satu dulu. Cari pangkal nya dan selesaikan, agar bisa lanjut ke step kehidupan berikutnya. Jadi, kalau sekarang kamu sedang dalam masa sulit, coba deh ikut kelas nya Coach Komang Ayu. Siapa tau bisa jadi salah satu jalan untuk kamu keluar dari masa sulit tadi.

Untuk yang mau ikutan kelas pemberdayaan diri bersama Ayu, bisa langsung kepoin aja akun instagramnya di @komangayutrysnawati. Tetap semangat dan sehat selalu yaa, insya Allah kita semua akan keluar dari masa sulit nya masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar