23/05/22

Ternyata Menjaga Keamanan di Ruang Digital itu Nggak Susah kok!

 


Masih ingat nggak sih sama viralnya fitur ‘balasan anda’ di instagram beberapa waktu lalu itu? Fitur tersebut menyebabkan kehebohan karena banyak yang mengaku menjadi korban penipuan setelah mengikuti challenge pada fitur tersebut. Loh kok bisa?

Jadi, pada fitur itu kita bisa mengajak pengguna lain untuk mengunggah foto tertentu ke instagram story. Sampai sini jelas tidak ada yang salah, namun sayangnya banyak pengguna yang tidak sadar dan asal-asalan mengikuti challenge yang diberikan hingga menimbulkan kerugian materi. Contoh nya seperti  challenge untuk mengunggah foto kartu kredit, variasi nama panggilan, nama ibu kandung, dan masih banyak lagi.

Dari viralnya kasus tersebut, ada satu pelajaran berharga yang wajib kita ambil bersama yaitu tentang kehati-hatian dalam menjaga keamanan di ruang digital. Sadar atau tidak saat ini ruang digital dan dunia nyata memang sudah membaur satu sama lain. Apa yang kita bagikan di dunia digital bisa saja memberikan efek nyata pada kehidupan kita.  Oleh karena itu masalah keamanan digital ini harus menjadi perhatian kita bersama.Setuju?

 
Gimana sih cara menjaga Keamanan di ruang digital?

Alhamdulillah nya, beberapa waktu lalu aku sempat mengikuti acara blogger gathering bersama ITSEC Asia yang membahas tema soal pentingnya keamanan di ruang digital, sebuah tema yang memang sedang aku pelajari lebih jauh. Apalagi saat ini tren kejahatan cyber terus meningkat dari waktu ke waktu.



Dalam acara tersebut, Kak Andri Hutama Putra selaku President Director of ITSEC Asia dan Teh Ani Berta, seorang content writer, pun sempat membagikan beberapa tips seputar menjaga keamanan di ruang digital yang bisa dilakukan oleh kita semua, berikut diantaranya,


Buat password yang susah ketebak,

Ibarat kunci di dunia nyata, password di ruang digital pun memegang peranan yang sama. Bedanya, kunci memiliki bentuk fisik yang bisa dibawa-bawa, sementara password tidak. Hal ini lah yang dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Yup, hanya dengan mengetahui password yang dimiliki maka, orang ain pun bisa dengan mudah mengakses ruang digital milik kita.

Nah agar lebih aman, coba deh buat password yang susah ditebak, bahkan Teh Ani pun sempat menyarankan untuk membuat password se-alay mungkin loh, hehehe. Maksudnya kamu bisa tuh menggunakan karakter khusus seperti @ atau $ dalam rangkaian password mu. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu rutin mengganti password nya yaa, agar tidak lupa kamu bisa kok mencatat dan menyimpannya di tempat yang kamu anggap aman.


Tidak membagikan data-data penting

Seringkali kita tidak sadar kalau sudah membagikan data-data penting saat mengupload sesuatu ke ruang digital loh. Contoh simple deh, saat mengunggah foto sedang duduk di depan laptop, kadang memo password yang tertempel di laptop ikut terfoto juga. Contoh lain, kadang kita juga tidak menyadari telah membagikan data penting yang terlihat sepele, seperti alamat lengkap saat membuat video unboxing, lokasi sekolah anak, tanggal lahir, dan masih banyak lagi.

Kuncinya, agar lebih aman, sebelum mengunggah sesuatu ke ruang digital, kita harus melakukan pengecekan secara berulang dulu. Pastikan tidak ada data penting yang ikut terunggah di ruang digital.


Lakukan verifikasi ulang jika dirasa ada hal yang mencurigakan

Jika tiba-tiba ada notifikasi yang dirasa mencurigakan pada akun yang kamu miliki, segeralah melakukan verifikasi ulang untuk menjaga keamanan ruang digital mu yaa. Jangan lupa juga untuk mengaktifkan fitur autentifikasi dua factor yang ada di sebagian besar akun pada ruang digital.  Memang sedikit repot, tapi demi keamanan ya nggak apa apa lah yaa.

 

Pakai sistem Cluster Email

Email memang menjadi salah satu ‘jalan’ yang digunakan oleh para peretas untuk melakukan hal buruk pada akun kita. Nah sistem clustering email ini dapat memudahkan kita untuk melakukan tracking jika ada hal yang mencurigakan. Jadi, untuk kamu yang memiliki beberapa email, coba deh pisahkan penggunaan masing-masing email yang kamu miliki. Contohnya email A untuk keperluan perbankan, email B untuk menyimpan file-file di Gdrive, email C untuk login ke media sosial.


 

Seharusnya sih kita semua bisa melakukannya yaa. Nah kalau kamu masih punya pertanyaan seputar keamanan di ruang digital, kamu bisa langsung aja kepoin akun instagram @itsec.asia yaa. For your information, ITSEC Asia ini merupakan perusahaan cyber security di Asia Pasific dan sudah menjadi yang terdepan sejak tahun 2004. Nggak tanggung-tanggung, ada lebih dari 450 proyek keamanan yang berhasil dilakukan oleh ITSEC Asia loh.

Jadi, gimana nih? Nggak sulit kan untuk menjaga keamanan di ruang digital? Jadi demi kenyamanan kita bersama di ruang digital, yuk sama-sama membangun ekosistem ruang digital yang baik, aman, dan menyenangkan.

 

0 komentar:

Posting Komentar