16/05/22

Pilih sipas atau non sipas? Yuk bahas bareng!

pilih sipas atau non sipas

 

Pertanyaan pilih sipas atau non sipas itu pasti akan kamu temui saat akan mendaftar ke universitas terbuka. Sebenarnya di laman media sosial dari masing-masing UPBJJ pasti ada info lengkap seputar ini loh, tapi paham deh, ngga semua camaba follow akun media sosial mereka. Jujur, waktu awal daftar ke Universitas Terbuka, aku pun sempat bingung sama beberapa istilah terebut, sampai akhirnya merasa salah memilih deh, hehehe. Nah agar kalian tidak salah langkah seperti aku, yuk kita bahas bareng!

Gampangnya, sipas dan non sipas merupakan skema layanan yang ada di universitas terbuka. Nggak Cuma bisa pilih sipas atau non sipas aja, di Universitas Terbuka juga ada sipas plus, sipas penuh, sipas semi, sipas non TTM, sipas online, non sipas dan sipas layanan luar negeri. Tapi yang jadi primadona di UT memang sipas non TTM dan non sipas itu sih.


Sipas non TTM

Sipas ini adalah sistem paket yang mempermudah para mahasiswa saat memulai perkuliahannya. Kalau memilih sipas non TTM ini maka kita tidak perlu repot-repot memilih mata kuliah yang akan diambil setiap semesternya, karena UT sudah menentukan paketan mata kuliah di setiap semester nya.

pilih sipas atau non sipas


Sementara itu arti ‘non TTM’ yang disematkan tersebut adalah pembelajarannya yang full online atau dilakukan secara daring melalui e-learning UT. Sebenarnya meski memilih layanan Sipas Non TTM ini, mahasiswa tetap bisa mengajukan permintaan untuk  mendapat layanan tatap muka dengan dosen melalui pengajuan TTM/Tuweb ATPEM atau tatap muka atas permintaan mahasiswa. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya harus memenuhi kapasitas kelas yang ditentukan serta membayar biaya tambahan untuk TTM sebesar Rp 150.000,- per mata kuliah.

Lalu, keuntungan apa aja sih yang didapat jika memilih layanan Sipas non TTM ini? Pertama pastinya proses registrasi terbilang mudah jika dibandingkan dengan skema layanan lain, karena UT sudah menentukan paket mata kuliah untuk tiap semesternya. Selanjutnya, biaya per semester untuk layanan sipas non TTM ini sudah ditentukan besarannya, yaitu Rp 1.300.000,- sudah termasuk buku, kecuali beberapa prodi tertentu. Jadi, kita sudah langsung bisa memperkirakan besaran biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perkuliahan di Universitas Terbuka.

Jika melihat ciri khusus dari skema Sipas non TTM ini, maka menurut ku sih skema layanan ini akan cocok untuk kamu yang ngga mau repot memilih mata kuliah sendiri tiap semester nya, untuk kamu dede-dede yang baru lulus SMA dan untuk kamu yang memang merencanakan masa belajar di kisaran 4 tahun kuliah.

 

Non Sipas

Sesuai namanya, Non Sipas berarti kamu memegang kendali penuh atas mata kuliah yang diambil per semesternya. Sebenar nya ngga bisa dibilang memegang kendali penuh banget juga sih, karena tetap ada regulasi atau peraturan yang harus diikuti saat menentukan mata kuliah per semester. Gampang nya, pada skema Non Sipas ini, setiap semester kamu harus menetukan sendiri mata kuliah nya.

Susah dong? Nggak juga sih, karena UT akan memberi panduan berupa katalog universitas. Di katalog tersebut kamu bisa melihat mata kuliah mana yang harus diambil. Asyiknya, jika mengambil skema layanan ini kamu bebas menentukan jumlah SKS dalam satu semester. Misalnya kamu ingin lulus kuliah lebih cepat dari standard, seperti 3,5 tahun, maka kamu bisa memborong banyak SKS di setiap semester. Begitu juga sebaliknya, jika kamu ingin agak santai, kamu pun bisa loh mengambil sks dalam jumlah sedikit per semester nya, hehehe.

Menurutku, layanan non sipas ini cocok untuk kamu yang memang terlalu sibuk bekerja hingga harus menekan jumlah sks yang diambil per semester nya, atau untuk kamu yang ingin cepat lulus kuliah.

 

Jadi, pilih sipas atau non sipas?

Kalau ditanya seperti itu, ya kembali lagi pada kebutuhanmu masing-masing dong yaa. Coba Tanya lagi pada diri sendiri, kira-kira skema layanan mana nih yang kamu butuhkan untuk menjalani masa perkuliahan di UT. Jujur, aku sendiri merasa ‘salah’ memilih skema layanan nya nih, huhuhu. Saat ini aku mengambil layanan Sipas, enak sih karena mahasiswa yang memilih Sipas ini seperti dianakemaskan oleh UT, tapiiii aku merasa tidak diberi kebebasan dalam menentukan masa selesai kuliah nya, bisa diperlambat tapi tidak bisa dipercepat.

pilih sipas atau non sipas


Jadi, buat kalian yang mau mendaftarkan diri ke Universitas Terbuka, coba pikirkan lagi baik-baik mau pilih skema layanan apa yaa, cek lagi tujuan kuliah serta aktivitas sehari-hari mu yaa. Semangat belajar!

 

1 komentar:

  1. Selamat sudah ada status baru, jadi mahasiswa. Kalau non sipas juga harus pikirkan kesehatan, waktu lebih banyak buat belajar lalu waktu buat keluarga gimana, pola makan. Jangan hanya pengen cepat kelar tapi sering sakit tipes.

    BalasHapus