28/05/22

Usaha Gulung Tikar Padahal Masih Seumur Jagung? Duh Pasti Belum Tau Beberapa Hal Ini deh!



Kalau ditanya siapa yang paling membutuhkan peluang membuka usaha, maka jawabannya pasti lah kalangan menengah ke bawah, iya nggak sih? Alasannya simpel, tak perlu muluk sampai harus bisa menjadi kaya dan merubah hidup, untuk bisa memenuhi kebutuhan saja sudah cukup. Sayangnya, justru kalangan menengah ke bawah inilah yang memiliki banyak hambatan dalam memulai usaha, mulai dari kekurangan modal, ilmu pengetahuan, dan berbagai hal lainnya.

Aku sendiri pernah mengalami nya langsung saat membuka usaha bersama suami beberapa tahun lalu. Kalau soal modal usaha, Alhamdulillah kami tidak merasa kesulitan karena memang sudah direncanakan dari jauh-jauh hari. Namun, kurang nya ilmu serta beberapa hal pendukung lainnya membuat kami harus mengikhlaskan usaha tersebut gulung tikar saat masih seumur jagung. 

Berbekal kegagalan tersebut, kami pun kembali mencoba membuka usaha baru, tentunya dengan menghindari kesalahan yang sama. Kami melakukan modifikasi pada beberapa hal agar usaha kami bisa tetap bertahan di tengah sulitnya masa pandemi lalu. Alhamdulillah meski bukan usaha besar, sampai sekarang usaha yang kami rintis itu tetap berjalan dengan baik. 

Nah untuk kalian yang baru mau memulai usaha, aku punya beberapa tips yang mungkin bisa kalian terapkan agar usaha kalian bisa tetap bertahan dan semakin maju, berikut diantaranya,


Rencanakan usahamu sedetail mungkin,

Iyes, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah merencanakan usaha yang akan kamu rintis sedetail mungkin. Ini penting agar usaha mu dapat berjalan dengan lancar. Hal-hal seperti Lokasi, target market, perintilan usaha, dekorasi, packaging hingga berbagai hal kecil lainnya harus kamu rencanakan dulu. Agar tidak lupa, sebaiknya catat semua hal tersebut dalam buku. Pikirkan lagi, lagi dan lagi, apakah ada hal yang terlewat atau tidak.


Siapkan Modal usaha nya

Kalau kamu baru mau merintis usaha baru, saranku sebaiknya gunakan ‘uang dingin’ atau uang yang memang tidak akan digunakan dalam waktu dekat. Selain itu, jangan sampai harus berhutang untuk  memulai usaha yaa. Alasannya tak lain adalah karena kita tak pernah tau apa yang akan terjadi pada usaha tersebut. 

Harapannya sih ya untung dan bisa memenuhi semua kebutuhan tapi kita tetap harus memikirkan opsi terburuk dong yaa. Jika menggunakan ‘uang dingin’ maka saat opsi terburuk terjadi pun keuangan keluarga tidak akan terlalu terganggu.


Download aplikasi Youtap

Nah ini nih salah satu tips yang tidak banyak dibagikan oleh orang di luar sana, download aplikasi Youtap, khususnya Youtap POS dan Belanja Stok. Loh emang apa sih aplikasi Youtap? Gampangnya, Youtap ini adalah aplikasi yang bisa membantu para UMKM, terutama yang baru merintis usaha dalam berbagai hal. Youtap POS memiliki fitur-fitur yang lengkap, mulai dari aplikasi kasir digital, analisa pintar,  terima cash dan cashless, e-menu, open bill, penyesuaian harga dan pajak hingga laporan semua penjualan atau pembayaran. 

Asyiknya, untuk bisa menggunakan semua fitur keren itu, kamu hanya perlu melakukan registrasi yang terbilang instan, tinggal download dan daftar kurang lebih satu menit saja, akun Youtap mu pun sudah siap untuk membantu kamu mengelola usaha.


 

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa memanfaatkan fitur terbaru dari Youtap, yaitu Belanja Stok. Di Belanja stok, kamu bisa belanja grosir online untuk memenuhi kebutuhan akan stok usaha dengan mudah dari mana saja dan kapan saja dari mitra penyedia barang. Melalui fitur ini, kita bisa lebih mudah saat melakukan stok barang untuk usaha. Tinggal buka browser, pilih barang yang diinginkan, lakukan pembayaran secara cashless, dan barang pun siap dikirim ke alamat tujuan.

Pengiriman barang nya dilakukan setiap hari, langsung dari pabrik loh. Jadi, kamu nggak perlu ragu atau khawatir dengan lama nya waktu pengiriman yaa. Insya Allah stok barang yang kamu pilih akan tiba tepat waktu dan tidak mengganggu usaha mu. Asyik banget nggak sih, dengan menggunakan aplikasi stok barang Belanja Stok ini, kamu bisa menghemat waktu belanja. Nggak perlu keluar rumah dan menutup usaha hanya demi bisa belanja stok barang.



Jadi, udah nggak ada alasan lagi dong yaa buat tidak memulai usaha yang sejak lama kamu pikirkan itu. Apapun usaha yang akan kamu rintis insya Allah akan berjalan sesuai dengan keinginan mu kok. Tetap semangat yaa, aku bantu doa dari sini. Jangan lupa juga buat download aplikasi Youtap POS nya yaa!






0 komentar:

Posting Komentar