01/07/22

Ternyata nggak susah! Ini Kiat Untuk Terus Optimalkan Tumbuh Kembang Si Kecil di Masa Transisi


Alhamdulillah sekarang kondisi pandemi sudah jauh lebih baik. Meski angka nya masih ada, tapi sudah berkurang drastis. Perlahan semua sudah kembali beraktivitas seperti sebelum pandemi, tentunya dengan beberapa penyesuaian gaya hidup yang baru. Tapi, apakah sekarang kita sudah bisa sepenuhnya bernapas lega? Kira-kira apa ya yang dirasakan si kecil dalam masa transisi dari pandemi ke endemi ini?

Nah jawaban dari semua pertanyaan tersebut berhasil aku dapatkan dari Webinar Bicara Gizi Bersama Danone Indonesia.   Yup dalam rangka memperingati hari keluarga Nasional yang jatuh pada tanggal 29 Juni, danone Indonesia mengadakan webinar bertajuk ‘Kiat Keluarga Indonesia Optimalkan Tumbuh Kembang Anak di Masa Transisi’. Sebenar nya video rekaman webinar tersebut bisa disaksikan di Youtube Channel Nutrisi Bangsa, tapi buat yang tidak sempat menonton rekamannya bisa membaca ringkasannya di blog ini saja.



Sadar nggak sih, saat ini kita semua itu dihadapkan pada tantangan baru, yaitu masa transisi. Bukannya tidak bersyukur dengan kondisi yang jauh lebih baik ini, namun mau tidak mau harus diakui kalau pandemi yang kita lalui selama lebih dari dua tahun ini membawa banyak perubahan yang cukup drastis. Contoh paling terlihat adalah pada gaya hidup bersosialisasi, selama pandemi sebagian besar masyarakat sudah terbiasa mengurangi aktivitas sosial, nah di masa transisi ini kita kembali diajak untuk bersosialisasi kembali.

 Bayangkan, kalau kita yang sudah dewasa ini saja agak kewalahan menghadapi masa transisi, apalagi si kecil yang belum siap secara mental maupun fisik. Oleh karena itu, dibutuhkan peran penting orang tua dalam meningkatkan aspek sosial emosional si kecil agar siap bersosialisasi di masa transisi ini. Kurang lebih itulah yang menjadi latar belakang diadakannya webinar bersama Danone Indonesia tersebut.

Sebenarnya, masa transisi ini tak selalu menjadi tantangan kok, justru bisa dimanfaatkan dan menjadi kesempatan baik untuk mengasah dan mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil, terutama soal perkembangan sosial emosionalnya yang selama pandemi agak kurang terasah dengan baik. Lalu, bagaimana kiat agar bisa mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil di masa pandemi ini, berikut adalah hasil rangkuman catatan yang aku buat selama webinar, semoga bermanfaat!

Asupan gizi yang baik


Yup, sebelum ‘melepas’ si kecil untuk kembali bersosialisasi dengan dunia luar, kita harus menyiapkannya dengan memberikan asupan gizi seimbang. Untuk yang lupa takaran gizi seimbang nya bisa ditengok lagi piramida makanan dan isi piringku yang sering digaungkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia yaa.  Selain asupan gizi, jangan lupa untuk selalu mengajak si kecil buat melakukan aktivitas fisik dan banyak minum air putih.

Pola asuh kolaboratif

Pola asuh atau bagaimana cara kita mengasuh si kecil pun akan memberi dampak bagi tumbuh kembang nya. Dari banyak pola asuh yang ada, di masa transisi ini baiknya mulai menerapkan pola asuh kolaboratif. Pola asuh kolaboratif ini merupakan bentuk pola asuh yang melibatkan kedua orang tua sekaligus dalam pengasuhan.

Dalam pola asuh kolaboratif, dituntut ada nya kerja sama dan dukungan satu sama lain antara ayah dan ibu untuk mengasuh si kecil. Kolaborasi ini terbilang penting agar tumbuh kembang si kecil dapat terstimulasi dengan baik.   

 


Dukungan Danone untuk keluarga Indonesia

Sebagai perusahaan yang ramah keluarga, Danone Indonesia juga mendukung penuh orang tua yang ingin mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil, salah satunya dengan memberikan cuti hamil 6 bulan bagi ibu dan 10 hari bagi ayah. Kalau saat ini baru saja disahkan oleh MPR, Danone Indonesia sudah menerapkan kebijakan ini sejak lama. Hasilnya bisa ditebak, karyawan yang bekerja di Danone Indonesia dapat lebih mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil selama masa periode emas nya, yaitu di 1000 hari pertama kehidupan.

Nah ternyata nggak susah dong ya mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil di masa transisi ini. Jadi, ayah bunda, yuk sama-sama kita semangat lagi mendampingi si kecil melalui masa transisi ini. Bismillah semoga kedepannya, kondisi akan terus dan terus membaik lagi. Semangaaattttt!

 

0 komentar:

Posting Komentar