13/09/22

Layanan Customer Service Internet Provider yang ideal, seperti apa sih?

customer service internet

Buatku, akses internet termasuk dalam kategori kebutuhan pokok yang harus ada. Serius ini bukan lebay atau berlebihan, tapi memang benar adanya. Analogi nya begini, sekarang hampir semua pekerjaan yang kulakukan untuk menghasilkan uang itu membutuhkan akses internet. Jadi, jika akses internet dari Internet provider ku mengalami kendala, maka akan berdampak pada penghasilan yang akan kudapatkan.

Saking pentingnya akses internet bagiku, saat memilih Internet provider pun aku sampai melakukan beberapa riset dulu, terutama soal layanan customer service nya. Yup, buat jaga-jaga jika suatu saat ada kendala pada akses internet nya. Secanggih apapun teknologi suatu Internet provider, tetap tidak menutup kemungkinan akan ada kendala bukan? Nah layanan customer service yang memahami kebutuhan pelanggan menjadi harapan ku untuk bisa menyelesaikan kendala tersebut secepat mungkin.

Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa akhirnya aku memilih IndiHome sebagai Internet provider di rumah. Berdasarkan testimoni orang-orang terdekatku, layanan customer service IndiHome ini terbilang amat baik dalam memenuhi kebutuhan pelanggan nya dan akhirnya aku pun membuktikan sendiri.

Sedikit cerita, beberapa waktu lalu, akses internet di rumah sempat mengalami kendala yang cukup membuatku panik. Kabel optik nya putus dan butuh penanganan seorang teknisi. Nah yang membuatku makin panik adalah karena hal itu terjadi saat aku sedang dikejar deadline pekerjaan. Artinya, jika tidak segera tertangani maka jelas akan menghambat pekerjaanku.

Sayangnya, saat itu aku tidak memiliki pulsa untuk bisa langsung menelpon 147 yang memang merupakan nomor customer service IndiHome. Tak menyerah begitu saja, dengan sisa-sisa paket data yang ada, aku pun menghubungi customer service nya melalui DM ke twitter @IndiHomeCare. Alhamdulillah DM ku itu langsung direspon hanya dalam hitungan menit. Jujur aku tak menyangka respon CS di sosial media nya akan secepat ini.

customer service internet


Setelah mendapat respon via DM twitter itu, tak lama kemudian kaka teknisi nya pun datang dan langsung menangani masalah nya. Dan semua ini benar-benar free alias gratis, sama sekali tidak dikenakan biaya tambahan. Kalau aku tidak salah hitung, mulai dari complain melalui DM sampai masalah tertangani ini hanya butuh waktu kurang dari 2 jam saja. Cepet banget sih untuk masalah kabel putus seperti ini.  


Customer Service Harus Sedekat Mungkin, setuju?

Menurutku, layanan customer service memang harus sedekat dan secepat mungkin untuk dapat memenuhi  kebutuhan pelanggan nya. Tak selamanya harus dekat secara fisik kok, bisa gercep menangani kendala darimana pun sudah cukup. Setuju banget sih sama konsep layanan customer service IndiHome ini, karena sekarang memang sudah bukan jaman nya lagi Customer service hanya duduk di kantor dan menunggu customer nya datang saja. 

Iyes, menurutku sudah seharusnya costumer service dekat dengan pelanggan nya, sedekat bestie yang selalu siap menjawab chat kita. Aku ngga tau ada berapa banyak Customer service IndiHome, yang jelas tiap kali ada kendala dan aku DM ke sosial media nya, mereka selalu gercep membalas. Bahkan saat kendala yang terjadi disebabkan oleh pelanggan nya sekalipun, customer service internet provider yang satu ini tetap memenuhi kebutuhan pelanggan nya loh. 

Ada cerita lucu yang pernah aku alami terkait ini nih, hehehe. Jadi suatu waktu aku pernah melakukan komplain melalui DM di twitter karena tidak ada akses internet di rumah.  Dan setelah diselidiki lebih jauh, ternyata ketiadaan akses itu disebabkan karena aku memang lupa membayar tagihan bulanannya. Serius malu banget sih, tapi Customer service nya tetap menjawab dan memberi solusi dengan ramah tanpa nada ‘merendahkan’ sama sekali. Padahal ini jelas kesalahan ku kan, hehehe.

Percaya deh, tak banyak loh brand atau perusahaan yang menjadikan akun sosial media nya sebagai salah satu customer service seperti IndiHome dari Telkom Group ini. Biasanya admin sosial media hanya mengurus hal-hal yang berbau konten saja. Sayang banget kan? padahal faktanya sosial media bisa dikatakan sebagai media yang membuat kita semua semakin dekat satu sama lain. 

Bayangkan jika aku memilih Internet provider yang layanan customer service nya tidak memahami kebutuhan pelanggan seperti ini, duh bukan tidak mungkin akan ada banyak pekerjaan ku yang terhambat. Jadi, saranku kalau kalian sedang mencari internet provider, masukkan layanan customer service ke dalam kriteria mu yaa. Serius ini penting agar kamu bisa mendapat pelayanan terbaik saat terjadi kendala. 


0 komentar:

Posting Komentar