28/10/22

Mau berjualan Live di Sosial Media? Perhatikan Hal ini dulu yaa!

 


Sadar ngga sih makin ke sini banyak dari masyarakat yang lebih suka belanja online melalui live di sosial media seperti Tiktok? Coba deh diinget-inget lagi kapan terakhir kali kalian belanja online di marketplace, kemungkinan udah lumayan lama yaa. Kalaupun ada yang masih setia dengan marketplace, jumlah nya udah ngga banyak jika dibandingkan mereka yang mulai beralih ke live.

Jujur, aku sendiri pun juga lebih suka membeli barang saat live berlangsung. Selain karena banyak diskon khusus, belanja saat live memungkinkan aku buat ‘melihat’ langsung barang yang akan dibeli. Di sana aku bisa membayangkan kualitas, bentuk asli, serta ukuran dari barang tersebut agar lebih yakin saat checkout.

Nah, fenomena ini pun nyatanya dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit loh. Saat ini ada banyak live streamer berpenghasilan wow hanya dari konsisten berjualan secara live di platform tiktok.  Artinya, ada peluang emas yang juga bis akita ambil di sini. Nah untuk kamu yang ingin mencoba peruntungan dengan  berjualan online di tiktok, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan, diantaranya sebagai berikut,

Pastikan kualitas barang yang dijual

Saat live berlangsung, biasanya barang yang dijual akan diperlihatkan dan direview secara detail. Ini bisa menjadi keuntungan untuk penjual jika barang nya berkualitas, tapi justru bisa jadi boomerang jika barang yang dijual berkualitas buruk. Jadi, sebelum melakukan live pastikan dulu kualitas barang dagangan mu yaa.



Patuhi peraturan

Baik di Tiktok maupun di platform sosial media lain, selalu ada peraturan yang harus ditaati oleh semua pengguna nya. Pahami dulu aturan-aturan tersebut sebelum melakukan live streaming untuk berjualan yaa. Ini penting agar akun mu bisa tetap digunakan. Dalam beberapa kasus, ada live streamer yang sampai harus merelakan akun nya ter-banned peranen  loh. Beberapa aturan seperti tidak boleh ada anak-anak hingga soal copyright music harus kamu perhatikan.

Amanah

Berbisnis dimanapun, Amanah tetap harus kamu utamakan agar bisnis mu bisa berlangsung Panjang. Jika sudah ada orderan yang masuk, kirim barang sesuai dengan kualitas yang sudah kamu deskripsikan saat live yaa.

Percantik packaging

Percantik packaging memang akan menambah cost jualan mu, tapi dengan melakukan ini maka secara ngga langsung kamu sudah melakukan promosi loh. Kok bisa? Jadi gini, masyarakat sekarang itu suka mengabadikan proses unboxing paket cantik yang mereka terima. Nah jika barang dagangan mu di-packing secara cantik dan menarik mereka untuk melakukan video unboxing, bukankah artinya kamu sudah mendapat promosi gratis?

Pilih ekspedisi yang tepat

Ekspedia dan online shop memang susah dipisahkan, tapi bukan berarti kamu tidak bisa memilih eksedisi yang paling tepat dan bisa dipercaya dong. Saranku pilih ekspedisi yang memang sudah berpengalaman dalam hal pengiriman seperti JNE. Ini penting, sayang banget kan kalau barang dagangan yang sudah kamu packing cantik harus rusak karena ekspedisi yang tidak bertanggung jawab saat melakukan pengiriman, huhuhu.

By the way, makin ke sini JNE ternyata terus melakukan inovasi dan pengembangan untuk kita para pelanggannya loh. Iyes, PT. Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE terus  berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan masyarakat luas. Komitmen JNE ini bisa ikut membantu terbentuk nya ekosistem yang dapat menghasilkan kolaborasi  berkesinambungan.

 
JNE Cilegon Resmikan Kantor Perwakilan Kepandean untuk Tingkatkan Layanan Pelanggan

 


Salah satu bukti kalau JNE tetap konsisten melanjutkan pembangunan infrastruktur dan perluasan jaringan adalah dengan meresmikan Kantor Perwakilan Kepandean beberapa waktu lalu. Tujuannya tak lain adalah agar kualitas pelayanan semakin maksimal dan memberikan kemudahan pada pelanggan dalam melakukan aktifitas pengiriman karena titik layanan JNE yang makin mudah dijangkau. 

For your information, Kantor Perwakilan Kepandean ini berlokasi di Jl. Raya Cilegon No. 1D, Pandean, Kec. Serang, Kota Serang, Banten.  Pada Senin, 17 Oktober 2022 lalu Kantor Perwakilan Kepandean ini remi dibuka dengan dihadiri oleh Sales Regional Bodetabekcilcik Eko Suprihantoro, Kepala Cabang JNE Cilegon, Herry Herbowo, Sales & Marketing JNE Cilegon Julianasari, Babinsa Kagungan, Koramil 0602-16/Ciruas Serang, Sersan Kepala Joni Nurjaini,  Ketua RW Kampung Kepandean, Muhibin dan pemberiaan santunan serta do’a bersama yang  dihadiri anak-anak yatim piatu dari lingkungan sekitar. 


Kantor Perwakilan Kepandean memiliki lokasi strategis dan gedung baru ini memiliki fasilitas yang representatif, bangunan terstandarisasi dan parkir luas. Harapannya sih, Kantor Perwakilan Kepandean ini bisa menjadi salah satu keuntungan untuk membantu mengembangkan koneksi bisnis UKM.

Nah untuk kalian yang ingin berjualan secara live di sosial media dan kebetulan berlokasi di sekitar Kantor Perwakilan Kepandean,  ini jelas kabar gembira bukan? Semangat berbisnis dan semoga sukses yaa.

0 komentar:

Posting Komentar