31/10/22

Perkembangan Kognitif dan Kesehatan Saluran Cerna, Ada Hubungannya Kah?

 


Optimalisasikan perkembangan kognitif anak dengan daya tahan tubuh yang kuat dan stimulasi yang tepat, kurang lebih begitu tajuk Bicara Gizi yang dihelat oleh Danone Indonesia beberapa waktu lalu. Jujur, saat membaca judul webinar ini dahi ku sedikit mengernyit. Ada banyak pertanyaan dan rasa penasaran terkait tajuk yang akan disharing itu. Yup, aku memang hanya seorang ibu yang lumayan awam dengan istilah parenting seperti itu.

Tak mau terus berkelut dengan rasa penasaran, aku pun ikut mendaftar Bicara Gizi yang berlangsung secara online itu. Siapa tau semua pertanyaan yang berputar di kepala ini bisa mendapat jawaban langsung dari ahlinya.   Iyes, ibu mana sih yang tidak mau melihat anak nya tumbuh dan berkembang secara maksimal? Walau tidak memiliki background Pendidikan parenting secara formal bukan berarti aku harus berdiam diri saja dong yaa?!

Seperti kita ketahui, tidak ada sekolah khusus untuk menjadi ibu, yang ada hanya lah terus belajar dari waktu ke waktu. Apalagi makin ke sini, tantangan yang harus dihadapi oleh para ibu semakin berat. Jadi, tidak boelh berhenti belajar dong, Nah salah satunya ya dengan mengikuti webinar Bicara Gizi Bersama Danone Indonesia ini.

Tak tanggung-tanggung, dalam Bicara Gizi kali ini Danone Special Nutrition Indonesia ini menghadirkan para ahli di bidangnya, diantaranya ada Dokter Spesialis anak dan konsultan alergi Imunologi, CEO & Founder Personal Growth, Senior Clinical Psychologist dan Parenting Expert, serta Medical & Scientific Affairs Director Danone Indonesia.

Bicara Gizi Bersama Danone Indonesia

Jujur, aku sama sekali tidak terpikir kalau ternyata perkembangan kognitif anak sangat dipengaruhi oleh saluran cerna yang sehat dan imunitas yang optimal. Dalam benakku, perkembangan kognitif anak dan Kesehatan saluran cerna serta imunitas tubuh adalah hal yang berbeda satu sama lain. Nyatanya, meski berbeda ketiga nya saling berkaitan.

Jadi, imunitas yang baik memiliki kaitan erat dengan kemampuan kognitif anak karena anak yang sehat dapat terus bergerak aktif dan lebih mudah untuk menanggapi stimulasi serta mampu belajar dengan optimal. Oleh karena itu, pemberian stimulasi yang tepat serta asupan nutrisi yang baik untuk menjaga  Kesehatan saluran cerna amat penting diberikan pada anak untuk mengoptimalkan perkembangan kognitif nya.

Anak dengan gizi baik dan mendapat asupan nutrisi seimbang, akan memiliki mikrobiota saluran cerna yang lebih sehat. Otomatis dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak menjadi lebih kuat serta membantu tubuh menolak zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Nutrisi yang baik pun akan meningkatkan kematangan dan kedewasaan sistem imun. Asupan nutrisi yang diperlukan oleh anak untuk membangun sel-sel tubuh demi mendorong perkembangan kognitif di antaranya adalah vitamin, mineral, asam amino, asam lemak, fitokimia, prebiotik, dan probiotik

Di webinar tersebut sempat dipaparkan juga ada 8 kemampuan kognitif anak yang harus diketahui oleh orang tua agar bisa terus mengoptimalkannya, diantaranya adalah attention, focus, memory, language, psychomotor, logic, reasoning dan decision making. Nah untuk mempermudah kita, Danone Indonesia pun menghadirkan 8 Winning Skills Interactive Assessment yang bisa kita gunakan dalam memantau perkembangan kognitif anak.


8 Winning Skills Interactive Assessment ini dapat diakses melalui mynutri.club/twl. Saat mengklik link tersebut kita akan  diarahkan untuk memilih usia anak, lalu memilih salah satu aspek Winning Skill untuk kemudian diberikan lima pertanyaan tentang si kecil. Pertanyaan-pertanyaan itu akan mengukur apakah hasilnya sudah baik atau masih harus ditingkatkan.

Selanjutnya kita juga akan menerima rekomendasi aktivitas yang sesuai dengan kemampuan si kecil  serta stimulation kit gratis berupa e-book untuk melatih 8 Winning Skill anak. Dengan alat asesmen interaktif ini kita bisa terus memantau perkembangan kognitif anak sebagai screening awal sebelum ke tenaga ahli.

Keren ya info dari Bicara Gizi Bersama Danone Indonesia. Nah Danone Indonesia ini memang secara rutin mengadakan program-program edukasi seperti ini. Jadi supaya tidak ketinggalan info webinar nya bisa follow aja akun media sosial nya di @nutrisibangsa yaa.

0 komentar:

Posting Komentar