21/02/23

Rekomendasi Top 5 URL Shortener di Dunia



Dunia digital saat ini benar-benar mempermudah kita untuk menambah pundi-pundi rupiah ya, mulai dari menjadi content creator hingga bisnis affiliate di berbagai sosial media. Udah banyak loh kisah sukses yang lahir dari sini. Alhamdulillah bisa jadi peluang emas buat kita yang mau memanfaatkannya.

Sedikit cerita, aku sendiri pun sudah lebih dari 5 tahun terakhir ini memanfaatkan semua kemudahan tersebut untuk mencari tambahan penghasilan. Hasilnya? Alhamdulillah, lebih dari cukup jika dibandingkan dengan waktu aku masih berstatus sebagai karyawan. Makin ke sini jelas makin ketagihan dong, hehehe.

Sayangnya ada beberapa kendala yang belakangan ini menjadi momok, salah satunya terkait peletakan link di sosial media atau saat aku membagikannya kembali ke orang terdekat. Gampangnya gini, setiap link yang didapat dari program affiliate itu biasanya masih berupa link panjang yang pastinya tidak mudah diingat dan terlihat kurang profesional. Tentu akan lebih cantik jika tautan itu sudah dibuat lebih pendek dan langsung menyasar ke kata kunci yang diinginkan.

tautan yang lebih pendek sebenarnya juga berkaitan dengan daya ingat manusia yang memang cenderung singkat. Alih-alih mengingat tautan panjang dengan kode-kode affiliate-nya, kebanyakan manusia akan lebih mudah mengingat dan membagikan link pendek.

 

Rekomendasi top 5 URL shortener di dunia

Oleh karena itu, aku sengaja menghadirkan  tulisan ini untuk mempermudah kalian semua yang memiliki masalah serupa terkait link atau tautan ini. Inilah dia rekomendasi top 5 URL shortener di dunia yang sudah aku kumpulkan dari berbagai sumber, baca sampai selesai yaa.


1. linktr.ee


Jujur, linktr.ee ini adalah URL shortener atau penyingkat link yang pertama aku kenal. Yup, bisa dibilang dulu aku mengandalkan linktr.ee sebagai penyingkat link-link yang aku punya. Sayangnya, beberapa waktu yang lalu sempat heboh di media sosial tentang akun instagram teman-teman content creator yang ke-banned, dan hampir semua akun-akun tersebut sama-sama membagikan link yang sudah disingkat dengan linktr.ee ini.


Alhasil banyak beredar kabar kalau penyingkat link yang satu ini menjadi penyebabnya. Iyes, meski kenyataannya banyak juga akun lain yang tetap aman sentosa walau mencantumkan linktr.ee ini, anggapan tersebut sedikit mempengaruhiku. Aku pun mulai meninggalkan tautan linktr.ee hingga sekarang. 


2. Tiny.url

 

Saat membuka laman Tiny.url kita akan langsung disajikan fitur penyingkat tautan. Sebenarnya tidak susah menyingkat link yang kita miliki di sini, namun sayangnya karena sudah terlalu banyak yang menggunakan Tiny.url ini untuk menyingkat link nya, alhasil keyword atau kata kunci yang diinginkan kebanyakan sudah dipakai oleh pengguna lain.


3. lynk.id


Aku sendiri belum pernah menggunakan lynk.id untuk mempersingkat tautan-tautanku, namun beberapa teman content creator sudah menggunakannya. lynk.id ii juga bisa jadi pilihan kalian yang ingin mempersingkat tautan untuk kemudian dibagikan kembali pada orang terdekat atau di sosial media.


4. Cutt.ly


Cutt.ly memang agak jarang digunakan masyarakat Indonesia tapi bisa dijadikan salah satu alternatif pilihan untuk kamu yang ingin menyingkat tautan tertentu. Namun, menurutku laman website nya agak kurang friendly untuk pengguna baru, karena begitu membuka lamannya tidak langsung ditemukan fitur untuk mempersingkat tautannya. Kita harus sedikit scrool agak ke bawah dulu.


5. s.id


Saat ini s.id masih jadi pilihan ku untuk mempersingkat tautan yang ingin aku letakkan di bio sosial media atau untuk aku bagikan ke orang terdekat. For your information, s.id adalah aplikasi penyingkat web untuk menyingkat link. Asyiknya, saat ini s.id sudah bisa dimanfaatkan untuk pembuatan microsite untuk bio link dan segala macam kebutuhan juga. Yah semacam mini website gitu deh,hehehe.




Hal yang paling aku suka dari s.id ini tak lain adalah karena link yang dihasilkannya itu benar-benar pendek atau bisa dikatakan s.id ini adalah link penyingkat yang terendek di dunia. coba saja perhatikan dari rekomendasi top 5 URL shortener di dunia yang sudah aku tulis ini, s.id adalah yang terpendek kan?! benar-benar hanya butuh 4 karakter bawaan saja, sisanya ya tinggal diatur sendiri deh. 


Tujuan kita menggunakan URL Shortener kan adalah untuk mempersingkat link, jadi makin singkat link yang dihasilkan jelas makin bagus dong yaa, karena link tersebut akan semakin mudah diingat oleh calon klien kita. 




Nggak cuma itu aja, di s.id kita juga ada berbagai template profesional yang bisa kita gunakan untuk cv, microsite atau situs web jejaring. Kerennya lagi, ada fitur analytic yang memungkinkan kita untuk melihat analisa dari link yang dibagikan di sosial media. Untuk kamu yang mau mempersingkat link di s.id bisa langsung kunjungi aja laman https://home.s.id


nah itulah dia rekomendasi top 5 URL shortener di dunia yang aku dapat dari berbagai sumber, monggo disesuaikan saja sama kebutuhan kalian masing-masing yaa. Semangat mencari cuan di dunia digital ya.



0 comments:

Posting Komentar