09/06/23

Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa, Satu Kurban Banyak Kebaikan

 


Pernah terpikirkan ngga sih, kira-kira bagaimana ya suasana hari raya idul adha di daerah pelosok atau daerah konflik sana? Apakah bisa semeriah di perkotaan? Berapa banyak hewan yang dikurbankan di sana? Kira-kira cukup ngga ya untuk mereka semua? 


Jujur, belakangan ini pemikiran-pemikiran itu terus menghantuiku. Ketika melihat para pedagang hewan kurban berjejer di tepi jalan di daerah perkotaan, aku justru berpikir, kalau penjual nya aja sebanyak ini artinya sang pembeli pun tak kalah banyak. Alhamdulillah, perekonomian masyarakat di perkotaan memang sudah jauh lebih baik dibanding jaman dulu. 


Sayangnya, ini tidak terjadi di beberapa pelosok daerah di Indonesia. Yup, ternyata masih banyak daerah-daerah yang kekurangan hewan kurban tiap hari raya idul adha tiba. Di tahun 2018 silam, aku pernah berkunjung ke salah satu desa yang terletak di pelosok Sukabumi. Penduduk nya sempat bercerita kalau tahun-tahun sebelumnya mereka bisa sampai tidak menikmati daging kurban sama sekali, padahal di saat yang sama di perkotaan seperti Jakarta, daging kurban itu sampai berlebih hingga harus dibagikan juga untuk kalangan atas. Miris, tapi itulah yang terjadi di Indonesia. 




Hal ini lah yang akhirnya menginisiasi Dompet Dhuafa untuk melakukan Program Tebar Hewan Kurban setiap tahunnya. For your information, Tebar Hewan Kurban merupakan program pemberdayaan peternak lokal demi mensukseskan distribusi hewan ternak di setiap hari raya Idul Adha. 


Melalui program Tebar Hewan Kurban (THK) ini, Dompet Dhuafa mengumpulkan dana hewan kurban dari masyarakat kota maupun desa untuk kemudian menyalurkannya hingga ke pelosok-pelosok desa terpencil di seluruh Indonesia. Wilayah-wilayah yang menjadi titik distribusi dari program ini adalah wilayah terpencil dan terluar yang minim akses persebaran daging kurban, wilayah terdampak bencana, wilayah dengan tingkat kemiskinan yang tinggi, juga wilayah yang krisis kemanusiaan. 

  

Tak hanya itu saja, Dompet Dhuafa pun memberdayakan para peternak binaan nya yang tergabung dalam program Kampung Ternak Nusantara. Kalau sebelumnya para peternak ini hanya beternak dengan pengetahuan yang minim, Dompet Dhuafa menggandeng mereka agar bisa menjadi peternak yang lebih produktif lagi. Satu kurban, banyak kebaikan banget yaa.




Saat ini saja sudah ada Sentra Ternak Dompet Dhuafa yang tersebar di 12 provinsi. Sentra Ternak yang lebih dikenal dengan sebutan Dompet Dhuafa Farm atau DD Farm itu menjadi pemasok utama  hampir 55% dari hewan kurban Dompet Dhuafa 2023. 


Alhamdulillah, beberapa waktu lalu aku berkesempatan untuk datang langsung ke salah satu Kampung Ternak binaan Dompet Dhuafa di daerah Cianjur, Jawa Barat. Saat berkunjung ke sana aku benar-benar dibuat takjub dengan perawatan yang diberikan para peternak pada domba-domba nya. Nggak cuma dikasih makan secara rutin saja, tapi juga dicukur bulu nya, digunting kuku, hingga dimandikan. 




Perawatan-perawatan tersebut dilakukan demi menjaga kualitas dari hewan-hewan ternak yang nantinya akan diikut-sertakan dalam program Tebar Hewan Kurban di hari raya idul adha nanti. Keren ya, perawatan nya sampai segitu nya loh. 


Tak hanya itu saja, selain perawatan yang baik, saat akan diikut-sertakan dalam program Tebar Hewan Kurban itu hewan-hewan ternak itu pun akan melalui proses quality control yang ketat, mulai dari kesehatan, kebersihan, hingga bobot atau berat nya. Setidaknya ada beberapa syarat yang ditetapkan oleh Dompet Dhuafa dalam pemilihan hewan kurbannya, diantaranya adalah hewan tidak boleh cacat, sudah lepas gigi, berjenis kelamin jantan, serta memiliki berat tertentu. Semua hal itu dilakukan untuk menjaga amanah yang telah diberikan para donatur. 




Satu hal lagi yang akhirnya membuatku jatuh hati dan enggan berpaling ke yang lain adalah soal kemudahan yang ditwarkan oleh Dompet Dhuafa. Tak seperti beli hewan kurban di tepi jalan, kita bisa berkurban dari manapun dan tidak perlu datang atau memilih hewan kurbannya sendiri, semua bisa dilakukan dari mana saja melalui gadget masing-masing dan selanjutnya akan dikoordinasikan oleh Dompet Dhuafa. Tenang, Dompet Dhuafa telah memiliki sistem pelaporan yang baik pada para donaturnya. nantinya akan ada foto before-after yang akan diberikan sebagai pertanggung jawaban dari Dompet Dhuafa.  


Ada beberapa layanan yang bisa dipilih untuk berkurban di Dompet Dhuafa, salah satunya melalui kanal website www.kurban.dompetdhuafa.org. Insya Allah, kurban di Dompet Dhuafa tuh adalah pilihan yang tepat deh, karena kurban di Dompet Dhuafa itu distribusi hingga pelosok negeri. 












1 komentar: