03/11/23

WAKAFERSE, Teruskan Kebaikanmu, Pahala Mengalir Abadi

 


Semakin bertambahnya usia, pemikiranku soal makna kehidupan pun makin bertambah. Jujur, dulu aku sempat iri dengan mereka yang sejak lahir sudah berkecukupan. Bukan karena iri dengan kenyamanan yang bisa mereka rasakan dengan mudah, tapi aku iri pada apa yang bisa mereka lakukan dengan semua yang dimiliki itu. Mau sedekah ya tinggal sedekah, mau wakaf ya tinggal wakaf, terbayang nggak sih priviledge yang bisa mereka dapatkan itu? 


Rasanya kok yang bisa dapat banyak pahala ya cuma mereka yang memang berkecukupan secara materi saja, begitu pikirku. Yup, belakangan ini aku baru sadar ternyata pemikiran itu tidak sepenuhnya benar. Mereka yang berkecukupan memang berpeluang lebih besar untuk melakukannya tapi bukan berarti kita yang ‘biasa-biasa’ saja ini tidak bisa melakukannya, semua tergantung niat masing-masing. 



Pemahaman tentang ini aku perdalam kembali saat mengikuti acara Intimate Gathering bersama Dompet Dhuafa beberapa waktu lalu. Lagi-lagi Dompet Dhuafa berhasil memberi banyak insight dan pelajaran baru, terutama soal Wakaf yang ternyata bukan ibadah nya orang kaya saja seperti pemikiranku selama ini.


Buat yang belum tau, Dompet Dhuafa ini merupakan lembaga filantropi yang fokus pada kemanusiaan untuk membantu menyalurkan amanah masyarakat kepada para penerima manfaat melalui zakat, infaq, sedekah, dan wakaf. Tak tanggung-tanggung, Dompet Dhuafa ini sudah berkhidmat selama 30 tahun di bidang ini, jadi insya Allah sudah tidak diragukan lagi. 




Kali ini Dompet Dhuafa kembali menggaungkan WAKAFERSE yang merupakan sebuah gerakan semesta berwakaf untuk mendorong inisiatif wakaf masyarakat. Melalui gerakan ini Dompet Dhuafa ingin mengubah mindset masyarakat tentang wakaf yang kebanyakan dianggap hanya berupa masjid dan makam saja. Di Dompet Dhuafa kita semua bisa berwakaf mulai dari 10 rb saja. 


Yup, kalian tidak salah baca, kita sudah bisa berwakaf di Dompet Dhuafa mulai dari 10 rb saja. Sebagian masyarakat mungkin masih menganggap kalau 10 rb itu adalah uang receh tapi nyatanya jika banyak masyarakat yang mengikuti program ini, uang 10 rb tersebut bisa untuk membangun berbagai hal yang dibutuhkan untuk kesejahteraan kita. 



Coba saja bayangkan, 10 rb jika dikalikan dengan sepertiga saja sari masyarakat Indonesia ini maka jumlahnya sudah cukup untuk membangun satu rumah sakit bagi mereka yang kurang mampu. Oleh karena itu jangan meremehkan 10 rb yang kamu keluarkan untuk wakaf yaa. 


Dalam momentum menggaungkan kembali  WAKAFERSE ini, Dompet Dhuafa berkhidmat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui wakaf, baik wakaf uang ataupun wakaf melalui uang dan instrumen wakaf lainnya. Wakaf Dompet Dhuafa menjalankan amanah secara produktif, profesional dan amanah dan terus berkolaborAksi dengan seluruh skateholder untuk membangun ekosistem perwakafan yang kuat.


Nah dalam agenda membumikan wakaf inilah, Intimate Gathering di Zona Madina beberapa waktu lalu itu dihelat. Zona Madina dipilih sebagai lokasi acara ini jelas bukan tanpa alasan. Zona Madina dianggap cocok untuk menggambarkan pengelolaan wakaf yang selama ini dilakukan oleh Dompet Dhuafa. For your information, di Zona Madina yang berlokasi di Parung, Bogor ini, terdapat sebagian besar lini wakaf produktif yang diberdayakan oleh Dompet Dhuafa. Mulai dari pemberdayaan UMKM, Pertanian, Rumah Sakit, sampai Sekolah dan Kampus ada di Zona Madina.  



Beberapa hal dari konsep wakaf yang cukup menarik perhatianku adalah soal pemanfaatannya yang bisa digunakan untuk semua lapisan masyarakat. Tak seperti sedekah dan zakat yang memang sudah ditentukan penerima manfaatnya, Wakaf bisa dirasakan oleh kita semua. Contohnya saja wakaf masjid, tentu bukan hanya orang tidak mampu saja dong yang boleh menggunakan masjid hasil wakaf tersebut, semua orang boleh kok beribadah di masjid itu. 


Tak hanya itu saja, pahala dari wakaf pun akan mengalir abadi bahkan saat kita sudah tidak ada di dunia ini. Yup, selama pokok wakaf nya terjaga dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat banyak, maka selama itu pula lah pahala akan terus mengalir ke kita. Asyik banget nggak sih?!


Nah buat kalian yang mau wakaf di Dompet Dhuafa bisa langsung aja kunjungi laman https://tabungwakaf.com/ ya. Di sana akan ada pilihan terkait peruntukan dana wakaf yang akan disetorkan. Kita tinggal mengikuti instruksi yang ada saja. Nah sekarang udah nggak ada alasan lagi buat nggak wakaf ya, yuk mulai tabung wakaf dari sekarang! 



0 comments:

Posting Komentar