22/11/17

Seru Nya Pilah Pilih Lembaga Pendidikan Di International Islamic Education Expo 2017

Pendidikan agama islam itu penting untuk diterapkan sejak dini, amat penting malah, karena manfaatnya tidak hanya dirasakan didunia tapi juga kelak di akhirat nanti. jika seseorang sudah 'baik agama nya ' maka akan otomatis ia pun akan ' baik dunia nya', begitu kata orang tua jaman dulu.

 Saking pentingnya pendidikan agama islam itu sendiri, Bapak Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menilai muslim yang baik akan menjadi warga negara yang baik pula. Menurutnya, membela dan mempertahankan Tanah air adalah bagian dari upaya menegakkan agama. Hal ini beliau sampaikan saat menjadi Pembicara Kunci pada Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 



sayangnya, perkembangan jaman saat ini justru membuat pendidikan islami ini jadi terkesan kuno, kolot dan tidak menarik. padahal jika kita mau coba kenalan lebih jauh, ada banyak sekali penggerak pendidikan islami yang sudah menerapkan sistem pembelajaran modern yang seiring dengan perkembangan zaman. Inilah yang kemudian melatar belakangi diadakannya International Islamic Education Expo di ICE BSD, tanggerang pada tanggal 21- 24 november 2017 ini.



Setidaknya ada sekitar 200 booth ikut meramaikan area pameran  yang mengambil tema “Pendidikan Islam Indonesia untuk Perdamaian Dunia” tersebut. Pameran  ini diperkirakan akan menjadi even pendidikan terbesar di Indonesia dan diharapkan dapat menjadi referensi utama para pencari studi Islam dalam berbagai program dan jurusan. 

Sebagai seorang ibu dari tiga orang anak, aku tentunya tidak mau ketinggalan untuk mengorek informasi sebanyak banyaknya soal pendidikan islami yang ada di Indonesia maupun luar negri tersebut, sebagai bekal kelanjutan pendidikan ketiga buah hati ku.
Alhamdulillah, selasa, 21 november 2017, tepat di hari pertama dibukanya pameran ini aku berkesempatan untuk dapat berkeliling area pameran tersebut bersama beberapa teman blogger lainnya.

Sesuai info yang kami terima sehari sebelumnya, akan ada shuttle bus yang siap mengatar kami dari stasiun rawa buntu ke lokasi acara secara gratis. ternyata bukan hanya shuttle bus saja yang telah menanti kami di stasiun rawa buntu tersebut, tapi juga ada kakak kakak mahasiswa berseragam pramuka yang siap mengantar kami dari dalam stasiun menuju shuttle bus nya loh... ini jelas amat memudahkan ku yang memang bukan masyarakat setempat.



Sampai di lokasi acara, aku langsung disuguhkan dengan berbagai booth booth unik yang sengaja dibuat oleh para penggerak pendidikan islam untuk dapat menarik hati para pengunjung agar bisa sedikit berbincang bincang soal sistem pendidikan islam yang mereka tawarkan. dari mulai booth yang didesain layaknya hutan sampai booth bernuansa robotik pun ada di pameran tersebut.



masing masing lembaga pendidikan yang ikut meramaikan event tersebut pun berlomba lomba memberikan informasi soal keunggulan lembaga mereka. Ternyata sekolah islam tuh tidak melulu masalah agama loh, tapi banyak juga yang sekaligus membimbing para siswa nya dalam hal industri dan wirausaha. Seperti saat kami mengunjungi booth Wali9 dan booth IAIN palangkaraya misalnya, disana kami disuguhkan hasil karya mereka berupa balsem, sabun, lotion, sabun cuci muka dan lain lain. 


Di booth Wali9 


Sejumlah acara lain pun akan diintegrasikan dalam IIEE ini, antara lain Seminar Internasional Tahunan tentang Studi Islam (Annual International Conference on Islamic Studies, AICIS), Deklarasi Jakarta, Apresiasi Pendidikan Islam (API), Seminar Internasional tentang Studi Pesantren, dan Kompetisi Robotik Madrasah.

Pameran yang akan berlangsung selama empat hari ini diharapkan dapat menyebarluaskan berbagai informasi mengenai khazanah pendidikan Islam di Indonesia kepada pengunjung asing dan sebaliknya. 


Booth IAIN Palangkaraya


Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI dan dibuka langsung oleh Bapak Menteri Agama Lukman Hakin Syaifuddin ini sebenarnya menjadi bagian dari rencana besar menjadikan Indonesia menjadi sentra pendidikan islam dunia. Dalam jangka pendek, pameran ini akan membuat Indonesia lebih dikenal oleh masyarakat luas secara nasional maupun internasional sebagai tujuan studi Islam yang menarik. 

 Sebagai negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia, mencapai 200 juta jiwa atau sekitar 87,2% dari total penduduk, Indonesia yang saat ini memiliki 600 pendidikan tinggi islam, 75.000 madrasah tingkat menengah, dan 28.000 pesantren, amat layak mendapatkan pengakuan sebagai salah satu pusat peradaban Islam dunia. 
Melalui pameran ini, Insya Allah Indonesia bisa merajai dunia pendidikan Islam di dalam negri sendiri maupun di seluruh dunia.


Bareng teman blogger lainnya


18 komentar:

  1. ku kagum lho sama mahasiswa yang buat skin care gitu ..mereka kreatif bangetttttt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. idenya dapeeeyttt aja ya bikin skin care itu...

      Hapus
  2. Kirain kakak SMA petugas yang kasih tau shuttle bus , ternyata mahasiswa ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku kira juga anak sma loh... abisan masih pada mungil ya kaya aku...

      Hapus
  3. Malam ini katanya pengumuan pemenang robotik ya mba. Aku mau infokan tetanggaku sapa tau ada yang tertarik untuk datang ke pameran ini mba. Bagus banget soalnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pameran ini asli recommended banget buat didatengin mbak...

      Hapus
  4. Jadi lebih banyak ilmu ya setelah datang ke sini. Alhamdulillah

    BalasHapus
  5. nah aku jadi tahu ga hanya ilmu agama saja y mba tp kreatifitas n industri juga diajarkan mantep sayang niy klo ga dtg apalagi gratis *lalu nangis krn ga bisa dtg heehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayang banget mbak kalau ga datang... banyak info kece disana

      Hapus
  6. Event pameran bagus kayak gini harusnya sering diadain ya, jadi masyarakat tau klo ada lembaga pendidikan Islam Indonesia yg bagus2 dan bermutu. Utk tahun depan, saran saya sih acaranya diperpanjang dan di akhir pekan, ada 200 booth lho,sehari ga cukuplah tuk keliling cari dan tanya2 di tiap boothnya..hehe. Anyway,makasih infonya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mbak... emang iya sih mbak seharian mah kurang bgt deh...

      Hapus
  7. Masya Allah, ada yg nungguin di stasiun Rawa Buntu ya. Terencana dengan baik sekali pameran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener bener terencana dengan baik...

      Hapus
  8. Acaranya penuh dng informasi sekolah Islam ya,smg tahun dpn ada lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah akan rutin diadakan tiap tahun mbak...

      Hapus
  9. Hayooo mau pilih mana hayoo. ada 2ooan tenant lho yang ikutan gabung . Btw semoga penddikan Islam semakin maju dan bisa jadi refensi banyak orang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.... karena ternyata pendidikan islam tuh ga melulu ajarin soal agama...

      Hapus