01/05/19

Mau galang dana online...? di Peduli Sehat aja...


Galang dana online


Jujur, dulu aku sempat mendiskreditkan kegiatan galang dana online yang dilakukan oleh beberapa kalangan di sosial media. Bukan karena aku tidak memiliki hati nurani untuk saling berbagi tapi logikaku terus menentang program tersebut dengan alasan dana kesehatan itu sebenarnya bisa didapat dari jaminan sosial seperti BPJS kesehatan. Tak hanya itu saja, kecenderungan adanya tindakan manipulasi donasi online yang mungkin dilakukan oleh si penggalang dana itu semakin membuatku tidak respect terhadap program galang dana tadi.

Pendapat negatif soal donasi kesehatan ini terus memenuhi pikiranku hingga beberapa waktu yang lalu aku seolah ditampar oleh-Nya lewat penyakit yang harus dirasakan oleh anak kedua ku. Alhamdulillah bukan penyakit berbahaya yang sampai mengincar nyawa layaknya Demam Berdarah Dengue, namun cukup untuk membuat pemikiranku soal galang dana online tadi berubah drastis. Ya, tiga hari merawat anak keduaku tersebut di rumah sakit sudah lebih dari cukup untukku merasakan langsung bagaimana rasanya merawat anggota keluarga yang sedang sakit.

Galang dana online


Jaminan BPJS Kesehatan yang aku miliki memang amat membantu mendanai biaya perawatan  selama di rumah sakit namun aku sempat kewalahan dengan biaya tak terduga lain yang tidak dijamin oleh jaminan kesehatan tersebut. Terlebih lagi, pada saat masa perawatan anak keduaku itu, otomatis semua pekerjaan yang biasa kami lakukan untuk menambah pemasukan pun terpaksa dihentikan sementara agar dapat fokus terhadap pemulihan anakku.

Pengeluaran terus menerus tanpa adanya pemasukan  itu membuatku sedikit khawatir dan kewalahan, bersyukur aku masih memiliki sedikit tabungan untuk menutupi semuanya. Jujur, aku merasa bersalah karena selama ini sudah sempat mendiskreditkan galang dana online . Dalam hati aku berpikir, kalau aku saja sempat merasa khawatir, pengeluaran selama pemulihan tadi akan melebihi uang tabungan yang ada, maka tak terbayangkan jika hal ini dialami oleh saudara-saudara kita di kalangan menengah kebawah itu.

Galang dana online di Peduli Sehat


Dari sinilah kemudian muncul pemikiran untuk mendukung Galang dana online yang dilakukan oleh beberapa kalangan di sosial media tersebut. Namun aku juga tidak mau sembarangan asal mendukung semua donasi kesehatan, karena kalau boleh jujur masih ada sedikit keraguan soal tranparansi penggunaan dana itu. Alhamdulillah berdasarkan curhatanku pada seorang teman, aku dikenalkan dengan aplikasi Peduli Sehat yang dapat memberikan info lengkap soal galang dana online.

Galang dana online
Galang dana online di Peduli Sehat


Kenal lebih dekat dengan aplikasi Peduli Sehat


For your information, Peduli Sehat ini merupakan platform donasi kesehatan online yang menjadi wadah layanan galang dana online secara real time dan transparan. Peduli Sehat ini berfokus pada mereka yang menderita penyakit serius dan tidak memiliki cukup dana untuk perawatan pengobatan serta bertahan hidup.

Menarik sih menurutku, tidak seperti jaminan sosial lainnya, hasil dari galang dana online di Peduli Sehat ini bisa juga digunakan untuk biaya bertahan hidup bagi sang penderita penyakit dan keluarga yang merawatnya. Ya seperti yang sudah aku ceritakan diawal tadi, saat ada anggota keluarga yang sakit, biaya yang harus dikeluarkan itu tidak hanya sebatas biaya perawatan saja tapi juga biaya untuk keperluan sehari-hari karena biasanya kegiatan mencari nafkah pun ikut terhambat dan membuat terhentinya pemasukan di keluarga tersebut.

Galang dana online

Galang dana online di Peduli Sehat


Dengan memiliki akun di Peduli Sehat, kita bisa langsung memulai penggalangan dana yang kita butuhkan, namun bukan berarti semua campaign galang dana online dapat diterbitkan di Peduli Sehat. Ada beberapa proses verifikasi menggunakan data-data terkait serta beberapa foto dan rekam medis yang harus dilakukan.

Proses ini semata-mata dilakukan untuk menghindari tindak kecurangan yang mungkin saja akan dilakukan oleh beberapa pihak. Sulit...? tidak juga, jika semua data terkait memang ada dan dapat dipertanggung jawabkan, membuat program galang dana online di Peduli Sehat itu terbilang mudah.

Galang dana online


Tak tanggung tanggung, ada sekitar 500 lebih campaign yang dilakukan di Peduli Sehat ini dan 100 lebih campaign tercatat telah sukses mencapai target dana yang diinginkan. Angka lebih dari 500 donasi yang terlibat setiap harinya di Peduli Sehat ini seolah menunjukan kalau di Indonesia masih melekat budaya gotong royong yang sejak dulu dijunjung tinggi oleh para nenek moyang kita.

Kemudahaan galang dana online di Peduli Sehat


Peduli Sehat ini bisa kita akses melalui website resminya serta aplikasi Peduli Sehat yang bisa didownload secara gratis di Play sore dan app store. Saranku sih, akan lebih baik jika aplikasi Peduli Sehat ini kita download di smartphone saja agar kelak dapat mempermudah kita jika suatu saat ada galang dana online yang akan dilakukan atau saat kita ingin melakukan donasi pada saudara-saudara kita disana.

Galang dana online


Mendowload dan menggunakan aplikasi Peduli Sehat sama artinya dengan kita bergabung dengan para penggerak peduli sehat lainnya. Sekedar info saja, para donatur yang ada di Peduli Sehat ini berasal dari berbagai kalangan, mulai dari tenaga medis seperti dokter dan perawat, pekerja kantoran, petani, dan mungkin saja seorang content creator sepertiku ini.

Metode untuk berdonasi pun terbilang amat mudah, ada berbagai cara berdonasi di Peduli Sehat ini, diantaranya adalah melalui sistem transfer bank, transaksi di mini market terdekat maupun menggunakan dompet digital seperti OVO atau GoPay. Untuk informasi selengkapnya bisa langsung di klik saja website www.pedulisehat.id atau di akun instagramnya di @pedulisehatindonesia

Galang dana online


Jadi, apakah kamu yang membaca tulisan ini masih ragu untuk galang dana online dan gabung bersama semua donatur di Peduli Sehat ini...? Semoga tidak ya, karena sekecil apapun bantuan yang kita berikan akan amat berarti untuk mereka semua. Ingat deh filosofi dari sapu lidi, kalau hanya ada satu lidi tidak akan berarti apa-apa, tapi begitu digabung jadi sapu lidi maka fungsinya akan berguna bukan...?!

 





34 komentar:

  1. Wah, senangnya sekarang mau berdonasi sudah bisa pakai aplikasi. Gak ada kata repot lagi.

    BalasHapus
  2. Gak bingung lagi ya sekarang, udah banyak cara untuk mengumpulkan dana atau menyumbang, cukup melalui online saja :)

    Gak kayak zaman dulu, bahkan mau nyumbang aja rempong nyari tempat yang terpercaya :)

    BalasHapus
  3. Semakin dimudahkan ya mba untuk berbagi. Sistemnya juga realtime jadi kita bisa melihat bagaimana donasi kita disalurkan dan terkumpul berapa untuk donasi yang sama

    BalasHapus
  4. Langsung aku cek bisa di download di appstore apa ngga.. kadang program bagus tapi ngga didukung dengan sistem yang bisa digunakan oleh semua gadget.. kan sayang jadinya.. semoga program ini semakin banyak orang yang tertarik untuk menggalang dana secara online ya.. praktis dan aman

    BalasHapus
  5. Saya udah download aplikasi ini diplaystore. Udah coba coba juga aplikasinya. Ternyata responsif yaa

    BalasHapus
  6. Keren ya Peduli Sehat. Aplikasinya lengkap dan mudah diakses. Mau donasi atau bikin campaign semua jadi lebih mudah

    BalasHapus
  7. Jadi galang dana ini diperuntukan untuk siapapu begitu ya Mbak. jadi pingin tahu fitur fiturnya dan kemanfaatannya. Makasih banyak ya Mbak

    BalasHapus
  8. Semoga dengan adanya galang dana online melalui Peduli Sehat ini semakin banyak saudara-saudara kita yang sedang sakit bisa terbantu yaa, dan semoga mereka segera sembuh dari penyakit yang dideritanya, amiiin

    BalasHapus
  9. Berat memang kalau terkena musibah sakit. Meski banyak sabar dan luangkan waktu.

    Penggalangan dana pedulisehat.id tidak hanya mengandalkan kekuatan keluarga dalam membantu pasien akan tetapi juga bisa di bantu oleh lapisan masyarakat . Saling gotong royong.

    BalasHapus
  10. ini yang aku suka nih galang dana yang jelas alur nya kemana dan penting memang ke soal kesehatan ya mbak

    BalasHapus
  11. Saya paling suka dengan aplikasi seperti ini, karena kita jadi terbantu oleh yg lain meski tak sedaerah. Bisa juga liat siapa sj yg membutuhkan dan alurnya jelas

    BalasHapus
  12. Oh ini pakai aplikasi tersendiri ya? Ok..ntar tak lihat2 juga ah.. TFS mba..semoga sekecil apapun kepedulian kita akan bermanfaat positif bagi yg memerlukan..

    BalasHapus
  13. Wah ada jembatan baru lagi nih untuk berbuat kebaikan. Alhamdulillah. Makasih infonya mba, sangat bermanfaat 👍

    BalasHapus
  14. Wah memang mantaps..galang dana online jangkauanya lebih luas ya jd lbh efektif

    BalasHapus
  15. Keren ya Peduli Sehat ini. Bisa menjadi jembatan antara sodara kita yang membutuhkan dana untuk berobat dengan donatur yang ingin membantu. Semoga banyak yang mendapat manfaat.

    BalasHapus
  16. Memang betul ya banyak biaya tidak terduga yang tercover bpjs, untungnya ada peduli sehat yang peduli dengan hal ini membuat galang dana online untuk membantu saudara kita yang terkena sakit kritis

    BalasHapus
  17. Ya mungkin krn dulu yg galang online jg ada kyk organisasi gak jelas ya. Trus jg skrng makin banyak info kalau BPJS merugi, akibatnya agak sulit dapat bantuan.
    Alhamdulillah ada aplikasi kyk gini meringankan yg sakit ya, apalagi bangsa Indoensia trkenal dermawan....

    BalasHapus
  18. Gak perlu repot kalau mau donasi juga ya bisa lewat Peduli Sehat jadi sama-sama bisa saling membantu satu sama lain. Mudah-mudahan sehat semua ya

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah ya Mba galang dana sekarang dimudahkan
    Bisa via online jaringannya semakin meluas

    BalasHapus
  20. iya sih ada aja biaya tak terduga atau tidak tercover BPJS. Kalau gini Peduli Sehat sangat membantu.

    BalasHapus
  21. Ikutan membantu di galang dana online Peduli Sehat bisa menolong banyak orang yang membutuhkan biaya berobat, apalagi sekarang biaya berobat itu mahal

    BalasHapus
  22. keren ya penggalangan dana jadi lebih transparan karena bisa dicek secara online,inovasi bagus nih

    BalasHapus
  23. Huhuu..iya banget...
    Sedih kalau lihat sakit yang gak di cover oleh asuransi kesehatan.

    Semoga Galang Dana Online semakin banyak menyentuh hati masyarakat Indonesia untuk saling berbagi.

    Bagai kepompong..eh, sapu lidi.
    Hehehe...

    BalasHapus
  24. Aplikasi yang membantu sekali bagi pengguna smartphone yang ingin menggalang dana gk perlu khawatir

    BalasHapus
  25. Platform penggalangan dana online makin banyak ya mba.. dan semoga ramai yang berdonasi

    BalasHapus
  26. Makin mudah berdonasi nih di Peduli Sehat. Jadi kita secara gampang bisa menyalurkan bantuan kepada mereka yang sedang membutuhkan biaya pengobatan yang tidak sedikit itu.

    BalasHapus
  27. Kalau donasi online lewat aplikasi bisa mudah diakses kapan pun dan dimanapun secara real time, jadi donatur bisa update terus kondisi pasien yang dibantunya, lebih tejamin ya :)

    BalasHapus
  28. MasyaAllah, berdonasi sekarang makin mudah ya Mbak. Gak perlu khawatir lagi karena bisa dipantau juga ya secara realtime, InsyaAllah semua bisa membantu dan dibantu.

    BalasHapus
  29. Biasanya menggalang dana untuk yang membutuhkan bantuan lewat lembaga atau pihak yang dipercaya dan secara langsung, namun yang ditawarkan PEDULI SEHAT dengan aplikasinya akan sangat membantu yang membutuhkan secara cepat dan mudah seperti donatur dan pasien dan keluarganya.
    Saya juga termasuk insan yang pernah merasakan betapa sangat bermanfaat bantuan gotong royong.
    Sakit itu tak mudah.
    Semoga kian banyak yang menggunakan aplikasi itu.

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah, kuyakin di negeri kita ini banyak orang baik. Nyatanya 100 donasi sudah terpenuhi. Apalagi dengan adanya kemudahan-kemudahan seperti aplikasi Peduli Sehat ini.

    BalasHapus
  31. Bagus ya ada aplikasi yang memudahkan kita untuk melakukan donasi, soalnya Indonesia terkenal dengan warganya yang dermawan.

    BalasHapus
  32. Semakin mudah ini untuk beramal ya lewat handphone pun bisa gk Ada alasan utk tdk berbuat baik

    BalasHapus
  33. Semakin gampang sekarang kalo mau berdonasi yah, kalo punya dana tidak terlalu besar pun jadi tidak ada rasa ga enak atau malu, yang penting iklas.

    BalasHapus
  34. Membantu sesama secara online sekarang semakin mudah caranya ya.. ada aplikasinya pula, jadi praktis.

    BalasHapus