01/08/19

Festival Literasi Sekolah 2019, bikin semangat literasi makin menggebu




Entah mengapa ingatanku belakangan ini seolah dibawa kembali ke masa-masa dimana aku masih giat memperjuangkan semangat literasi di lingkungan rumahku bersama beberapa orang teman. Kala itu, aku sampai membuat sebuah taman bacaan gratis yang bisa diakses oleh siapapun yang ingin membaca. Taman bacaan bernama Taman Jelajah Dunia itu sengaja kami hadirkan demi meningkatkan kembali minat baca masyarakat sekitar yang mulai memudar karena kehadiran beberapa mall sekaligus pada masa itu.

Taman Jelajah Dunia memang hanya seluas garasi saja, tapi cukup untuk membuatku malu saat menemukan diriku yang sekarang ini termasuk dalam golongan yang memiliki minat terhadap literasi yang amat rendah. Saking rendahnya, bahkan aku sampai bisa salah membaca brief tulisan karena malas membacanya secara detail. Alhamdulillah aku cepat menyadari hal ini, dalam hati aku berjanji harus kembali seperti dulu menjadi seorang dengan semangat literasi tinggi hingga ingin menularkannya pada semua. Bismillah insya Allah bisa…

Bak gayung bersambut, semangatku yang kembali menggebu-gebu ini seolah mendapat sambutan hangat dari pemerintah ketika aku berkesempatan untuk ikut hadir dalam acara bertajuk Festival Literasi Sekolah 2019. Festival Literasi Sekolah ini merupakan ‘gerakan lanjutan’ dari Gerakan Literasi Sekolah yang sejak akhir 2015 telah digagas oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen).



Kalau di Gerakan Literasi Sekolah para siswa hanya diwajibkan untuk membaca buku non pelajaran selama 15 menit setiap harinya, di Festival Literasi Sekolah 2019 ini ada banyak agenda kegiatan terkait dunia literasi yang lebih luas dari sekedar kegiatan membaca saja. Meski festival ini ditujukan untuk para pelajar, namun tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang berada di luar lingkungan tersebut, sepertiku ini, untuk ikut hadir dalam semua keseruannya.

Bisa dikatakan Festival Literasi Sekolah ini merupakan perayaan literasi yang mewadahi warga sekolah, mulai dari siswa, guru, dan kepala sekolah serta para penggiat literasi dari berbagai profesi, pengelola taman bacaan masyarakat, Lembaga swadaya masyarakat, akademisi, dan orang tua dalam sebuah forum bersama.  



Festival Literasi Sekolah 2019 ini berlnagsung mulai tanggal 25-29 Juli 2019 lalu, dan kebetulan aku pun hadir di sana pada hari minggu, 28 Juli 2019.  Sesuai dengan sasaran yang ditujunya, festival ini memang diramaikan oleh para dedek dedek emesh yang masih duduk di bangku sekolah. Melihat antusiasme mereka saat hadir di festival ini membuatku sedikit bangga, karena paling tidak masih banyak kok generasi muda yang ingin terus memupuk semangat literasinya.

Seperti yang sudah aku jabarkan, hampir semua kegiatan di Festival Literasi Sekolah 2019 ini memang berkaitan dengan dunia literasi. Ada 4 kegiatan utama yang dilakukan di Festival Literasi Sekolah, diantaranya ada Pembukaan FLS, Pameran Literasi, Festival Literasi, dan Lomba Literasi.

Pembukaan Festival Literasi Sekolah


Aku sendiri tidak sempat hadir dalam acara pembukaan Festival Literasi Sekolah yang dipusatkan di panggung utama pada 26 Juli 2019 lalu. Namun menurut temanku yang hadir pada saat itu, pembukaan tersebut berlangsung cukup meriah dengan dihadiri oleh para undangan, peserta dan official lomba literasi, penulis serta para pejabat kemendikbud seperti Ditjen Dikdasmen, Ditjen GTK, Sekretariat Jenderal, Itjen, Badan Bahasa, LPMP, Staf ahli Mendikbud bidang karater, Staf Ahli Mendikbud bidang inovasi dan daya saing, Kepala PASKA, dan Kepala BKLM.



Pameran Literasi


Jujur, pameran literasi ini menjai satu hal yang paling menarik perhatianku saat dating ke Festival Literasi Sekolah 2019 ini. Alasannya tak lain adalah karena di pameran literasi ini aku bisa menemukan semua hal tentang program, kegiatan dan atau praktik baik dari literasi lembaga, komunitas dan satuan pendidikan yang dipamerkan melalui berbagai stand-stand keren.

Stand-stand tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok cluster seperti SD, SMP, SMA, SMK, PK, Unit Utama Kemendikbud, Komunitas Literasi, Lembaga pemerintah, Mitra Pemerintah, Penerbit dan Aplikasi. Masing-masing stand tersebut saling berlomba-lomba menarik perhatian pengunjung dengan berbagai hal unik.



Menariknya di stand penerbit, kita juga bisa langsung membeli buku-buku keren dengan harga yang sangat terjangkau dibawah harga pasar. Sayangnya, di stand ini hanya menerima pembayaran secara cash dan karena saat ke sana aku tidak membawa uang cash, aku pun terpaksa hanya bisa gigit jari memandangi kerumunan para pemburu buku murah di sana.

Festival Literasi


Festival literasi ini dilakukan di empat lokasi yang berada di sekitaran gedung Ki Hajar Dewantara Kemendikbud, yaitu di Panggung utama, Pojok Literasi, Ruang serbaguna perpustakaan, dan ruang teater perpustakaan Kemendikbud. Nah bisa dibilang inilah inti dari Festival Literasi Sekolah, di festival literasi ini kita bisa mendapatkan berbagai macam pengetahuan melalui peluncuran buku, diskusi, serta talkshow terkait dunia literasi.



Lomba literasi


Ada berbagai lomba terkait literasi yang dihadirkan oleh Kementrian pendidikan dan kebudayaan di festival literasi sekolah 2019 kali ini. Lombanya pun dibagi sesuai jenjang pendidikan masing-masing dan diikuti oleh para peserta terpilih dari berbagai daerah di Indonesia. Sayangnya, aku tidak sampai melihat lomba-lomba ini karena harus segera pulang saat itu.

O iya ada satu spot yang cukup menarik perhatianku saat memasuki area Festival Literasi Sekolah 2019 ini, yaitu pohon impian. Terharu rasanya membaca satu per satu harapan serta impian para pelajar yang dituliskan di gantungan kertas pada pohon tersebut. Aku pun jelas tak mau ketinggalan menggantungkan impianku di sana.



Jujur, satu hal yang amat aku sayangkan dari Festival Literasi Sekolah ini adalah karena waktu berlangsungnya yang teramat singkat. Semoga kedepannya pemerintah akan lebih sering lagi mengadakan acara serupa supaya aku bisa hadir terus… hehehe…


0 komentar:

Posting Komentar