04/12/19

Bukti Nyata Usia Tak Halangi Prestasi ala Insan Cendekia Madani




Pengalaman ke Jepang beberapa waktu yang lalu itu, mau tidak mau memang mengubah sudut pandang ku soal pendidikan anak di masa depan. Ya, melihat langsung bagaimana masyarakat Jepang saling berkompetisi satu sama lain dalam hal prestasi, akhirnya membuatku menarik satu kesimpulan tujuan, aku ingin ketiga buah hatiku kelak bisa ikut berpartisipasi dalam persaingan dunia international, baik itu di Indonesia, Jepang ataupun Negara lain. Tak mau membuang banyak waktu, sepulangnya dari negeri sakura itu aku pun langsung mencari tau soal sekolah-sekolah yang dapat mengakomodir keinginanku tersebut.

Memilih sekolah untuk anak memang seperti mencari jodoh yang pas, sedikit sulit tapi bukan berarti tidak bisa kita temukan sama sekali. Mungkin kalau hanya mencari ‘gengsi’ semata, kita akan dengan mudah mendapatkan sekolah dengan label ‘international school’  di kota-kota besar yang ada di Indonesia. Sayangnya keinginan seorang ibu sepertiku ini kebanyakan memang melebihi apa yang bisa diberikan dari label itu, seperti soal kepribadian, akhlak serta nilai-nilai islami dalam keseharian misalnya.



Ada beberapa list sekolah yang telah kukantongi sebelumnya, hingga akhirnya aku memutuskan untuk survey langsung ke sebuah international school di bilangan Serpong, Tanggerang karena penasaran dengan rangkaian prestasi yang telah ditorehkan oleh siswa-siswi nya. Insan Cendekia Madani, begitu nama sekolah tersebut.

Torehan prestasi memang terbilang hal yang lumrah bagi sebuah international school, namun bagiku akan terasa lebih istimewa jika prestasi-prestasi tersebut bisa didapatkan dalam usia sekolah yang begitu muda. Ya, meski terbilang sekolah baru, Insan Cendekia Madani berhasil membuktikan bahwa usia tak bisa halangi jalan prestasi.



Dari situlah rasa penasaranku terhadap sekolah ini begitu membuncah tak tertahankan. Aku benar-benar penasaran dengan konsep pembelajaran seperti apa yang diterapkan pada para siswa di Insan Cendekia Madani tersebut sehingga bisa meraih begitu banyak prestasi hanya dalam waktu sesingkat itu.

For your information, siswa-siswi Insan Cendekia Madani ini telah berhasil mengoleksi prestasi di berbagai ajang kompetisi nasional dan internasional, berikut ini adalah prestasi yang diraih oleh para siswa Insan Cendekia Madani dalam semester ganjil 2019,

Bidang Akademik

v  Menjadi salah satu finalis dalam kompetisi “Equilibrium Science Fair” yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan bisnis, Universitas Udayana, Bali.
v  Juara 2 Lomba Bussiness IT Mini Case Competion tang disel;enggarakan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia, Depok.
v  Juara 3 Lomba bercerita tingkat SDdalam kegiatan Hari Kunjungan Perpustakaan Nasional, Kota Tangerang Selatan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Tangerang Selatan
v  Karya puisi dari M. Hanif Fatullah dan Bintang Harli P berhasilkan diterbitkan dalam Majalah Sastra kandaga.
v  Ali Ibrahim Fitra, salah satu siswa SMA Cendekia madani berhasil menjadi finalis dalam ajang OlimpiadePenelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2019 yang diadakan oleh Kementrian  Pendidikan dan Kebudayaan RI di Solo
v  Juara 1 Lomba Business Plan Competition dengan tema “Success with Agroindustry” yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gajah mada, Yogyakarta.
v  Juara 2 Lomba Cerdas Cermat tingkat SMP dalam kegiatan  Hari Kunjungan Perpustakaan Nasional, Kota Tangerang Selatan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Tangerang Selatan.
v  Dan berbagai prestasi lainnya


Bidang Ekstra Kurikuler

v  Siswi SMA Cendekia Madani, Athirah Faiza Premos, berhasil menjadi pembawa  baki dalam Pasukan Perngibar Bendera Tingkat Provinsi Banten Pada Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019.
v  Siswa SMA Insan Cendekia Madani, Muhammad Zidan alhamdika, dengan karya nya yang berjudul “Taste od the Ocean”, berhasil menjadi finalis dalam kompetisi International “Science Without Boreders Challenge 2019 Oleh Kaled bin Sultan Living Ocean Foundation, Amerika.
v  Siswa SMA Insan Cendekia Madani, Nadzhif M Kaysfan, berhasil menjadi pasukan pengibar bendera tingkat Wali Kota Tangerang Selatan pada upacara Hari Kemerdekaan RI ke-74
v  Siswi SMA Insan Ceendekia Madani, Angela Cantiqa Pratiwi, meraih prestasi dalam memainkan music klasik dengan piano pada Konser Musik “Alunan Melodi” di Jakarta Design Center.
v  Juara 1 Lomba Tari Ratu Jaroh asal Aceh yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 68 Jakarta.
v  Juara 1 Lomba Renang Gaya Dada sepanjang 25 meter dalam ajang Eksibisi Elsa Nasution Swimming School, yang bertempat di Kolam Renang Damai Indah Golf, BSD
v  Siswa-siswi SD Insan Cendekia Madani berhasil membawa pulang Medali emas dan medali perak dalam kompetisi Indonesia Students Taekwondo Championship 3 (ISTC 3) di Gor Ciracas, Jakarta
v  Siswa-siswi SMP dan SMA Insan Cendekia Madani berhasil membawa pulang medali emas, perak, dan perunggu dalam Lomba Olah raga Cabang Taekwondo Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementrian Pemudan dan Olah Raga RI di Gor Ciracas, Jakarta
v  Siswa-siswi SD Insan Cendekia Madani berhasil membawa pulang medali perak dalam kejuaraan Taekwondo Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementrian Pemuda dan Olah Raga RI di GOR Ciracas, Jakarta.
v  Juara 2 Lomba Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) di Acara Festival Basmala, Universitas Bakrie
v  Juara 2 Lomba Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ)di acara I-Fun, MAN IC Serpong
v  Juara 1 Lomba Jakarta Nanyang School (JNS) Cup 2019
v  Juara 3 Lomba Tari Tradisional Aceh Ratoh Jaroe dalam acara akademi 10 di Sekolah Al-Azhar 8 Kemang Pratama, Bekasi.
v  Juara 3 Kontes robot nusantara 6 (6th KRON )dalam kategori Robot Sumo Push Push yang diadakan di Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah, Jakarta.
v  Siswi SMA Insan Cendekia Madani, Bella Yofrisanda, berhasil menjadi finalis Kompetisi Roket air yang diselenggarakan oleh PP IPTEK-BPPT di Cilegon, Serang.
v  Siswa-siswi TK Insan Cendekia Madani berhasil menyabet Juara 3 dan Juara 1 Lomba Musabaqah Hifzhil Qur’an yang diselenggarakan Global Islamic School (GIS) 2 Expo, Serpong.
v  Siswa-siswi SMP Insan Cendekia Madani berhasil membawa pulang medali emas dan perak dalam Kompetisi Silat Cup 2019 cabang tanding individu yang diselenggarakan oleh MAN 4 Jakarta.
v  Dan berbagai prestasi lainnya.

Kandang Rusa, salah satu spot di Insan Cendekia Madani yang menarik perhatianku.



Prestasi-prestasi yang aku tuliskan di atas itu, hanya sebagian kecil dari prestasi yang berhasil diraih oleh para siswa di Insan Cendekia Madani. Dengan sederet prestasi tersebut, Insan Cendekia Madani seolah berhasil mendobrak anggapan masyarakat kalau prestasi hanya bisa diraih oleh sekolah-sekolah yang telah lama ada dan lebih berpengalaman.

Tak hanya sampai di situ saja, Insan Cendekia Madani pun membuktikan keunggulannya lewat sebaran alumni di berbagai universitas idaman di dalam dan di luar negeri yang aku anggap juga sebagai sebuah prestasi.  Jika pada umumnya para siswa lah yang mengidamkan sebuah universitas ternama, di Insan Cendekia Madani justru berlaku hal sebaliknya, universitas-universitas ternama itu lah yang mengidamkan siswa dari Insan Cendekia Madani yang dibuktikan lewat banyaknya undangan masuk dan tawaran beasiswa penuh, seperti dari Universitas Indonesia (UI) dan Nanyang Technological University (NTU), Singapura.



Rangkaian prestasi yang memancing rasa penasaranku terhadap Insan Cendekia Madani ini aku anggap sebagai bukti kesungguhan nya dalam menggembleng anak didik, menggali dan mengembangkan potensi yang sebelumnya terpendam atau bahkan belum terdeteksi. Oleh karena itu, rasa penasaranku ini pun akhirnya membawaku untuk menginjakkan kaki dia area Insan Cendekia Madani. Alhamdulillah setelah melihat dan merasakan langsung atmosfer di sana, aku bisa dengan tegas mengatakan kalau Insan Cendekia Madani ini adalah pilihan tepat untuk kita mendidik anak agar kelak dapat ikut bersaing di dunia internasional.

Bismillah, semoga ketiga buah hatiku pun bisa ikut merasakan atmosfer pendidikan di Insan Cendekia Madani agar bisa jadi salah satu dari Insan Paripurna beradab karimah ala Insan Cendekia Madani.



0 komentar:

Posting Komentar