02/04/20

Alhamdullillah, Donasi APD untuk Tenaga Medis di Jakarta Selatan,




Melihat perkembangan pandemic covid-19 yang sekarang sedang kita alami bersama ini, mau tidak mau kekhawatiran akan banyak hal pun ikut menghampiriku. Perasaan menyesal karena sudah terlalu banyak mengeluh di masa-masa normal lalu, serta rasa takut yang teramat sangat dalam menjaga kesehatan keluarga terdekat ini cukup membuatku sedikit stress menjalani hari demi hari belakangan ini.  

Bagaimana tidak…? Tepat satu bulan sejak adanya konfirmasi kasus positif covid-19 pertama di Indonesia saja sudah ada 1790 kasus terkonfirmasi yang diumumkan oleh juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid-19. Jelas bukan angka yang bisa kita sepelekan begitu saja, dalam waktu satu bulan, angkanya bisa melonjak begitu drastis. Tak hanya itu saja, selain terancam dari sisi kesehatan, ada berbagai dampak lain yang ditimbulkan oleh covid-19 ini, seperti dari segi perekonomian misalnya.

Harus diakui, kita sedikit kalah cepat dengan penyebaran virus tersebut, tapi bukan orang Indonesia namanya kalau belum apa-apa sudah menyerah begitu saja. Meski negara-negara yang lebih maju dari Indonesia sudah mengaku kewalahan bahkan ada yang sampai angkat tangan menangani pandemic ini, Alhamdulillah masyarakat Indonesia justru terus semangat menghadapi ‘perang melawan virus’ ini bersama-sama.



Berbagai kalangan saling bahu-membahu untuk menghadapi pandemic ini, mulai dari kalangan elite politik hingga kaum milenial yang sering dicap sebagai generasi rebahan pun ikut andil dalam pencegahan penyebaran sang virus. Semua mengambil perannya masing-masing, elite politik membuat undang-undang terkait penanganannya, dan generasi rebahan pun ikut berperan dengan tetap #dirumahaja.   

Tak mau ketinggalan, Saint – Gobain berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dengan ikut berpartisipasi dalam penanganan Covid-19. For your information, Saint – Gobain Group ini adalah koorporasi yang bergerak di bidang mendesain, memproduksi dan mendistribusikan bahan dasar yang merupakan kebutuhan primer manusia. Saint  - Gobain Group ini dapat ditemukan di mana saja dalam kehidupan sehari-hari seperti di gedung, transportasi, infrastruktur dan banyak di aplikasi industry lainnya.

Ada beberapa kebijakan penting yang diambil oleh Saint – Gobain sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19 sesuai himbauan pemerintah, salah satunya dengan memberlakukan Work Form Home bagi pegawai non plant. Sementara untuk pegawai pabrik diberlakukan mekanisme kerja shift, tentunya dengan dilengkapi protokol kesehatan dan keselamatan kerja khusus agar seluruh karyawannya bisa terhindar dari paparan Covid – 19.



Protokol kesehatan dan keselamatan kerja khusus yang dimaksud seperti penyemprotan desinfektan secara rutin di seluruh area pabrik, melakukan pengecekan suhu tubuh dan observasi kesehatan rutin, penyediaan hand sanitizer di setiap sudut kantor, sosialisasi pemahaman Covid – 19 di papan informasi kantor, dan secara disiplin menjalankan himbauan  physical distancing untuk karyawan di lokasi pabrik.

Tak sampai di situ saja, selain segala usaha internal upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Saint – Gobain juga ikut memberikan bantuan APD berupa 950 buah surgical gloves, 300 buah hooded coverall kepada tenaga medis di 8 Rumah sakit umum daerah di Jakarta Selatan yang diwakili oleh Suku Dinas Kesehatan Administrasi Jakarta Selatan.

Sebagai bentuk solidaritas, pegawai Saint – Gobain juga berdonasi secara sukarela untuk memenuhi kebutuhan masker yang saat ini semakin langka di pasaran, khususnya untuk tenaga medis yang bertugas di garda depan perang melawan Covid -19 ini. Tak tanggung-tanggung, target yang mereka harapkan mencapai angka 500.000 masker.

Senang rasanya mendengar ada pihak-pihak yang ikut membantu penanganan pandemic Covid-19 ini, karena sejatinya masalah ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tapi semua kalangan masyarakat. Insya Allah kalau kita kompak menghadapinya, pandemic ini akan cepat berakhir dan semua bisa kembali normal seperti biasa. Aamiin… Aamiin… Aamiin…  

0 komentar:

Posting Komentar