24/05/21

Daya Tarik Keren dari 自由路商圈Ziyou Rd Shopping District Kota Taichung, Taiwan

Distrik komersial jalan Ziyou

 

Bicara soal Taiwan, memang tak akan ada habisnya. Tulisanku kali ini juga masih seputar wishlist ke Taiwan yang terpaksa harus tertunda karena masa pandemi ini. Yup, meski belum bisa menapakkan kaki secara langsung kesana bukan berarti aku harus berkecil hati dong. Justru waktu ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mencari tau lebih jauh soal Taiwan dan distrik-distrik yang kelak akan aku kunjungi, seperti 自由路商圈Ziyou Rd Shopping District, Kota Taichung, misalnya.

Iyes, setelah sebelumnya Distrik Dajia, Kota Taichung berhasil menarik perhatianku, kali ini ada 自由路商圈Ziyou Rd Shopping District yang juga masuk dalam wishlist-ku kali ini. Sedikit cerita, aku mengenal Distrik ini dari obrolan singkat ku dengan seorang WNI saat perjalanan menuju Jepang beberapa waktu lalu. Kami sama-sama harus transit di Hongkong untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke tujuan masing-masing, aku ke Jepang dan dia ke Taiwan.

Dalam perjalanan singkat tersebut, ia sempat bercerita kalau 自由路商圈Ziyou Rd Shopping District, Kota Taichung memiliki berbagai hal menarik untuk kukunjungi saat ke Taiwan. Ia pun sempat mengatakan kalau Distrik ini merupakan salah satu tempat favoritnya di Taiwan yang sulit untuk dilupakan. Melihatnya begitu antusias membicarakan Distrik tersebut, membuatku semakin penasaran dan akhirnya mencari tau lebih jauh soal 自由路商圈Ziyou Rd Shopping District, Kota Taichung ini.



Benar saja, ada banyak hal keren yang bisa kita kunjungi di 自由路商圈Ziyou Rd Shopping District, Kota Taichung loh. 自由路商圈Ziyou Rd Shopping District terletak di Distrik Pusat, Kota Taichung yang merupakan distrik bisnis kesepuluh di Kota Taichung. Distrik ini bisa dibilang sebagai ‘tempat lahirnya’ Taichung Sun Cake yang terkenal itu, tepatnya di Freedom Road. Pada masa jayanya, Jalan Ziyou, Jalan Zhongsan, dan Jalan Jiguang memang dipenuhi dengan toko roti.

Untuk menuju ke 自由路商圈Ziyou Rd Shopping District, Kota Taichung ini pun tidak sulit, kita hanya perlu naik kereta ke Stasiun Taichung dan melanjutkan perjalanan kurang lebih 10-15 menit dengan jalan kaki. Ada berbagai hal menarik yang sudah aku rangkum untuk kalian eksplor saat berkunjung ke 自由路商圈Ziyou Rd Shopping District ini, diantaranya sebagai berikut,

 
新盛綠川水岸廊道 : Lyu-Chuan Canal

 

Awalnya, Kanal Lyu-Chuan ini dikenal sebagai sungai ‘Xinsheng’ di Distrik Pusat, hingga pada tahun 1912 diubah namanya menjadi Kanal Lyu-Chuan. Kanal Lyu-Chuan merupakan puncak dari proyek ‘kyoto kecil’ di Taichung selama pendudukan Jepang. Jadi, saat itu, Pihak Jepang ingin menjadikan area tersebut layaknya Kota Kyoto.

Menariknya, Kanal tersebut sempat tercemar, namun pada tahun 2014 pemerintah Kota Taichung memprakarsai proyek untuk merevitalisasi kanal, termasuk peningkatan kualitas air dan menciptakan lingkungan ramah air untuk kawasan di sepanjang kanal. Jadi air yang tercemar akan dialihkan ke pabrik pengolahan air Zhonghua di dekatnya untuk kemudian diarahkan kembali ke jalur air. Jangan heran kalau sekarang kondisi kanal sudah jauh lebih baik dari sebelumnya.

Trotoal di sepanjang Kanal Lyu-Chuan bisa jadi spot menarik untuk dikunjungi loh. Ada Jembatan Xinsheng kecil atau yang sekarang disebut Jembatan Hijau Zhongshan yang akan memberikan pemandangan malam luar biasa di Taichung.






台灣陳沙茶火鍋: Taiwan Chenshacha Hotpot

 

Travelling kita tentu tak lengkap jika tak ditambah dengan pengalaman wisata kuliner di negara asalnya. Nah Hotpot Taiwan Chenshacha ini bisa jadi salah satu pilihan menemani wisata kuliner mu selama di Taiwan. Hotpot Taiwan Chenshacha adalah hot pot legendaris yang direkomendasikan oleh penduduk lokal, termasuk teman seperjalanan  yang tadi aku ceritakan.

Menurutnya, Hotpot Taiwan Chenshacha yang dibuka pada tahun 1983 itu memiliki daya tarik tersendiri. Paduan saus shacha yang popular di Taiwan saat makan hot pot akan sangat nikmat terutama saat awal musim dingin.




 

宮原眼科: Miyahara “Ophthalmology”

 

Saat berkunjung ke Distrik Komersial Jalan Ziyou, Miyahara ‘Ophthalmology’ bisa jadi destinasi awal mu, karena lokasinya tak begitu jauh dari Stasiun Kereta Api Taichung, tepatnya di sebelah sungai hijau atau Green River. Bangunan berbata merah tersebut akan langsung menarik perhatian kita karena bentuk nya yang tak biasa.

Awalnya, bangunan tersebut merupakan klinik mata tua, tapi sekarang sudah berubah menjadi toko makanan cemilan. Meski fungsinya berubah, namun kondisi bangunan nya tetap dipertahankan. Dinding batu merah dan gapura tua di bagian luar Miyahara ‘Ophthalmology’ sepenuhnya dipertahankan. Bahkan, ketika memasuki toko cemilan ini, kita akan disuguhkan dengan dekorasi perpustakaan retro bertingkat tinggi, yang akan membawa kita ke nuansa zaman dahulu.

Miyahara ‘Ophthalmology’ terkenal dengan kue ‘matahari terbit’ atau kue sunrise dan kue nanas yang enak. Selain itu, ada juga toko es krim yang bisa menemani kita selama di Taichung.

 






幸福蕉點: The Happy Banana Point


The Happy Banana Point di Jalan Guangfu ini merupakan oleh-oleh yang belakangan ini banyak dicari para wisatawan. Jadi, saat ke Taichung, jangan sampai melewatkan membeli buah tangan The Happy Banana Point ini yaa.

The Happy Banana Point dibuat menggunakan bahan pisang gunung Puli Kelas A yang diekspor langsung ke Jepang. Tanpa bahan kimia dan pemanis buatan yang ditambahakan untuk menyeimbangkan kualitas dan rasa, membuat The Happy Banana Point jadi daya tarik para wisatawan. Setiap pagi, pemiliknya membuat adonan yang baru untuk dihaluskan dengan pisang, ditambah tepung merk sailor yang diimpor langsung dari Jepang dan telur Red-crusted, tanpa ditambah baking powder, diaduk dengan tangan dan difermentasi secara alami.









 全安堂台灣台中太陽餅博物館: Taiwan Museum of Suncake

 

Seperti yang tadi di awal tulisan sudah aku ceritakan, Distrik Komersial Jalan Ziyou, Kota Taichung dikenal sebagai tempat lahirnya Taichung Sun Cake yang terkenal itu. Jadi jangan heran jika di distrik ini juga ada Museum Kue Matahari ( Suncake). Museum ini mencatat perkembangan kue matahari yang sudah jadi tradisi selama 60 tahun.

Iyes, di toko kue yang diwarisi langsung dari penemu kue matahari, Wei Qinghai, museum ini tak hanya menjual kue matahari saja, tapi juga menceritakan sejarah perkembangan nya dan mengumpulkan desain kreatif untuk menjadi dasar cerita budaya dan kreativitas yang penting di Taichung. Bahkan mereka pun menyediakan kaca transparan yang memungkinkan kita melihat langsung proses pembuatan kue matahari yang kita pesan itu.

 







千越大樓 Thousand-yue Building

 

Lelah berjalan di area Kanal Lyu-Chuan, kita bisa beristirahat sejenak di Gedung Qianyue yang lokasinya tak jauh dari sana. Gedung Qianyue ini adalah gedung tua yang saat ini dieksplorasi menjadi tempat menarik oleh para seniman. Lantai 1-4 nya memang sudah tidak digunakan lagi, namun lantai 5 sampai ke atas digunakan oleh tim seni Escape Plan ‘X’ untuk bekerja dan menjadikan gedung tua ini jadi tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Setiap sudut bangunan memiliki kreasi graffiti dan beberapa karya seni. Karya-karya tersebut lah yang menarik pengunjung. Tak hanya itu saja, para seniman yang tergabung dalam The Escape Project itu juga menyediakan kursus melukis yang bisa kita ikuti loh. Untuk bisa masuk dan melihat-lihat area tersebut, ada biaya pembersihan sebesar 100 NTD atau sekitar Rp 50.000,-

 





Benar kan, ada banyak destinasi keren yang layak jadi wishlist tahun ini di Distrik Komersial Jalan Ziyou, Taichung, Taiwan?! Jadi udah siap kah travelling ke Taiwan? Kira-kira dari dua distrik yang sudah aku bahas di blog ini, distrik mana nih yang akan jadi tujuan pertama mu nanti?

Apapun pilihanmu, tetap perketat protocol kesehatan saat berada dimana pun yaa.  Jangan lupa untuk tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan menghindari kerumunan yaa. Yuk selamat bersama dan terhindar dari paparan virus dengan saling jaga dan terapkan protocol kesehatan. Insya Allah pandemic ini akan segera berakhir jika kita kompak menjalankan prokesnya. Sehat terus yaa, sampai ketemu di Taiwan.

Terima kasih kepada Taiwan's Small and Medium Enterprise Administration, Ministry of Economic Affairs yang telah mengundang saya untuk membagikan informasi terkait distrik perbelanjaan (shopping district) di Taiwan dan memberikan saya foto informasi.


1 komentar:

  1. Seneng kalau ke tempat baru dan melihat public area kayak kanal ini terlihat bersih, orang yang lewat jadi betah juga

    BalasHapus