19/11/22

Ujian Online Universitas Terbuka, Kayak Gimana sih?

Ujian online UT


Iyes, akhirnya setelah sekian lama menunggu kepastian, kabar terbaru soal skema ujian di Univeristas Terbuka semester ini pun keluar. Hasilnya? Di semester ini UT Kembali menerapkan beberapa skema ujian, diantaranya ada Take Home Exam, Ujian Online dan Ujian Tatap Muka. Skema-skema ujian ini Kembali diterapkan karena Alhamdulillah banget kondisi pandemi sudah jauh lebih baik dan memungkinkan UT untuk menggelar ujian di lokasi-lokasi tertentu.

Sayangnya, masih banyak nih mahasiswa UT yang belum tau sebenarnya seperti apa sih masing-masing dari skema ujian itu. Nah kali ini aku mau fokus membahas tentang Ujian Online dulu yaa, untuk THE dan ujian tatap muka insya Allah akan aku bahas di tulisan lain. Setuju?

 
Pengalaman mengikuti Ujian Online Universitas Terbuka.

 

Hati-hati yaa, jangan terkecoh oleh Namanya. Meski dijuluki ujian online, nyatanya skema ujian UT yang satu ini tidak benar-benar online atau bisa dilakukan dimana saja. Kata online yang tersemat itu berarti online menggunakan jaringan UT yang sudah dtunjuk. Maksudnya gimana? Jadi, UT akan menunjuk satu lokasi untuk didatangi oleh para mahasiswa nya. Nah di lokasi tersebut sudah disediakan computer yang terintegrasi langsung ke sistem UT. Di sanalah ujian online dilaksanakan.

baca juga : Pilih Sipas atau Non Sipas yaa

Sedikit cerita,  semester lalu ada dua mata kuliah umum ku yang menggunakan skema ujian online seperti ini. Untuk mengetahui mata kuliah apa saja yang menggunakan skema ujian online bisa langsung dicek aja di KTPU pada akun sia.ut.ac.id masing-masing yaa. Di KTPU itu akan ada kode akses yang nantinya bisa digunakan untuk membuka soal ujian di computer yang sudah disediakan. Untuk mempermudah, sebaiknya KTPU nya dicetak saja, tapi kalau tidak memungkinkan ya disave  di hp saja pun tak apa.

Ujian online UT


Di lokasi ujian akan ada tim IT yang ikut memantau dan mengawasi jalannya ujian. Nggak perlu panik kalau tiba-tiba ada kendala system yaa, karena tim IT nya akan dengan sigap menangani. Pengalaman ujian online UT semester lalu, aku sempat mengalami nge-hang beberapa kali, tapi Alhamdulillah jawaban ku masih tersimpan dengan aman jadi nggak harus mengulang.

O iya, jangan berharap kalian bisa nyontek satu sama lain yaa, karena di samping kanan kiri kita itu udah diatur beda mata kuliah. Benar-benar dipencar deh pokoknya mah. Kalau pun di dalam satu ruangan ada yang mata kuliah nya sama, soal nya pun akan diacak bahkan mungkin berbeda. Jujur, salut sih sama system UT yang satu ini, hehehe.

Asyiknya, hasil dari ujian online UT ini langsung terlihat begitu kita meng-klik selesai ujian. Jadi langsung ada hasil berapa jawaban yang benar dan berapa jawaban yang salah, jadi tak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasilnya.    

 

Hal-hal yang harus disiapkan saat mengikuti ujian online UT

Hal pertama yang harus disiapkan sebelum mengikuti ujian online UT adalah kamu harus tau dulu lokasi dan tanggal ujian dilaksanakan serta password atau kode akses di KTPU masing-masing. Jangan sampai terlewat atau terlambat yaa. Terlambat lebih dari 30 menit dari jadwal, maka kamu tidak akan bisa masuk ke ruangan ujian dan dianggap tidak mengikuti ujian pada semester ini. 

Selanjutnya ya tinggal siapkan diri masing-masing aja buat melakukan yang terbaik yang kamu bisa deh. Nggak usah khawatir sama hasil nya, yang penting kamu udah melakukan yang terbaik. Selamat Ujiaaaaaannnnn!

0 komentar:

Posting Komentar