02/02/23

Jakhumfest 2023, Ini Tentang Kita

Jakhumfest 2023


Ada perasaan senang yang menyeruak tiap kali berhasil mengajak seseorang untuk berbuat kebaikan. Iya nggak sih? Aku sih yakin jawabannya pasti iya. Sayangnya tidak semua orang dapat menerima ajakan tersebut secara positif, selalu ada saja anggapan negative yang muncul. Jadi, tak bisa dipungkiri, memang butuh trik khusus dalam mengajak seseorang untuk berbuat kebaikan, salah satu contohnya seperti yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa melalui Jakhumfest 2023.

Jujur, aku menganggap Jakhumfest ini sebagai sebuah ide keren. Alih-alih terus-terusan syiar melalui ceramah-ceramah di masjid, Dompet Dhuafa justru mengajak masyarakat berbuat kebaikan dengan menggelar event yang disesuaikan agar dapat diterima oleh para milenial dan generasi di bawahnya. Penasaran ngga sih sama apa itu Jakhumfest dan gimana keseruan secara lengkapnya? Lanjut baca sampai selesai deh, Insya Allah kalian pun akan berdecak kagum juga karena ide brilian ini.

 

Jakhumfest 2023, Ajak Masyarakat Berbuat kebaikan dengan cara yang fun

Pertama kali mendengar soal Jakhumfest, tepatnya di tahun 2020 lalu, aku langsung penasaran. Bagaimana tidak? Menurutku, konsep Jakhumfest ini tuh sedikit beda dari yang lain. Terkesan lebih fun dan menyenangkan padahal membahas soal kemanusiaan yang berkaitan dengan bencana alam dan berbagai hal sedih lainnya. Nah loh, kok bisa? Di situlah kerennya tim Dompet Dhuafa menciptakan ide brilian berupa Jakhumfest ini.

Baca juga : Seru-seruan di Jakhumfet 2020

For your information, Jakhumfest sebenarnya merupakan event puncak kegiatan bulan humanesia yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa. Alhamdulillah setelah lama tertunda karena pandemi, tahun 2023 ini Jakhumfest Kembali diadakan, kali ini mengangkat tema “ini tentang kita”. Yup, ‘Ini tentang kita’ dianggap merepresentasikan keseluruhan acara Jakhumfest 2023.

Jakhumfest 2023

Bertempat di area Posbloc Jakarta, yang belakangan ini menjadi tempat favorit anak muda itulah event Jakhumfest 2023 ini dihelat. Untuk bisa mengikuti rangkaian acaranya, kita semua wajib memiliki tiket masuk terlebih dulu, tenang tiket masuk nya bisa disesuaikan dengan budget kok. Kerennya, hasil dari penjualan tiket masuk Jakhumfest tersebut akan dialokasikan untuk mereka yang lebih membutuhkan oleh Dompet Dhuafa.

Acara Jakhumfest 2023 ini digelar selama dua hari, tepatnya pada tanggal 28-29 Januari 2023. Aku pun jelas tak mau melewatkan keseruan ini, dan memutuskan untuk datang ke Jakhumfest 2023 di hari kedua nya, tanggal 29 Januari 2023. Aku memang sengaja datang ke Jakhumfest 2023 ini setelah makan siang, karena ingin mengikuti Ruang cerita atau Talkshow Bersama kak Anissa Steviani, seorang certified Financial Planner yang memang sudah aku follow di Instagram sejak lama.

Jakhumfest 2023

Iyes, keren ya, nggak Cuma mengajak kita semua untuk berbuat kebaikan pada orang lain, di Jakhumfest 2023 ini kita juga diajak berbuat baik pada diri sendiri dengan melakukan perencanaan keuangan yang baik. Lagi-lagi ya karena memang ‘ini tentang kita’ dong, bukan hanya tentang mereka saja.  

Puas mendengar berbagai wejangan dari kak Anisa Steviani secara langsung, aku pun melanjutkan keseruan dengan berkeliling area Jakhumfest 2023 ini. Ada banyak pojok seru yang bisa kita ikuti di sini, mulai dari Pojok kenangan, pojok vr simulator kebencanaan dan berbagai pojok lainnya.

Jakhumfest 2023

Di Pojok kenangan, ada berbagai barang pre-loved dari para influencer yang dijual murah. Hasil dari penjualan barang-barang ini pun nantinya akan didonasikan untuk mereka yang lebih membutuhkan oleh Dompet Dhuafa.

Di sebelah pojok kenangan ada stand dari Seratan Studio. Nah di sini kitab isa mengikuti workshop secara gratis. Kebetulan saat akan mulai acara menyulam, aku sedang berada tak jauh dari sana, jadi ya langsung saja ambil posisi untuk mengikuti workshop nya deh. Sudah lama tidak menyulam ternyata tak lantas membuatku lupa sama keasyikannya tuh, Alhamdulillah meski belum rapih banget, hasil sulaman ku tetap selesai.


Di pojok lain, aku juga melihat ada pameran barang-barang peninggalan dari para korban bencana. Melalui barang-barang peninggalan tersebut, aku seolah bisa merasakan bagaimana dahsyatnya bencana yang terjadi. Barang-barang itu memang tidak bisa bicara tapi nyatanya mampu memberi gambaran nyata tentang bencana.



Malamnya juga ada sound of humanity atau konser musik gitu, sayangnya seperti di Jakhumfest 2020 lalu, lagi-lagi aku terpaksa melewatkannya, khawatir pulang terlalu malam. Kira-kira tahun depan keseruan apa lagi ya yang ada di Jakhumfest? Jadi penasaran deh, sehat selalu yaa biar kita bisa ketemu di Jakhumfest 2024 nanti.

 

0 comments:

Posting Komentar